Editorial Policies

Focus and Scope

Fokus dari jurnal ilmiah berkala ini adalah mempublikasikan setiap hasil karya tugas akhir mahasiswa ITS dalam bentuk makalah ilmiah.

Ruang lingkup dari jurnal ini adalah:

- Bidang matematika dan terapannya
- Bidang fisika dan terapannya
- Bidang kimia dan terapannya
- Bidang statistika dan terapannya
- Bidang biologi dan terapannya
- Bidang Desai Produksi
- Arsitektur

 

Section Policies

Matematika dan Terapannya

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Fisika dan Terapannya

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Kimia dan Terapannya

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Statistika dan Terapannya

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Biologi dan Terapannya

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Produk Desain

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Arsitektur

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Proses review sebuah naskah di Jurnal Sains dan Seni ITS dilakukan menggunakan mekanisme Peer-Review. Pelaksanaan review dillakukan pada waktu mahasiswa bersangkutan (sebagai penulis naskah) melaksanakan prose ujian tugas akhir. Pada waktu pelaksanaan ujian tugas akhir, tim penguji wajib menelaah artikel ilmiah yang telah disiapkan mahasiswa berdasarkan karya tugas akhirnya. Tim penguji merekomendasikan apakah artikel tersebut akan dipublikasikan (pada Jurnal dan Section yang bersesuaian) atau tidak dipublikasikan. Jika dipandang perlu, tim penguji dapat meminta penulis untuk merevisi artikel tersebut jika dipandang belum memenuhi kaidah-kaidah penulisan artikel ilmiah yang telah ditetapkan dalam lingkungan Jurnal Sains dan SeniITS. Hasil rekomendasi tersebut didokumentasikan dalam Form Review.

Kemudian, tim pembimbing dari karya tugas akhir tersebut memutuskan apakah artikel terkait akan dipublikasikan atau disimpan dalam repository berdasarkan rekomendasi yang telah diberikan.

 

Publication Frequency

Jurnal ini utamanya digunakan untuk mempublikasikan hasil dari tugas akhir mahasiswa ITS dalam bentuk jurnal ilmiah berkala secara online. Jurnal ini akan diterbitkan 2 (dua) kali setiap tahunnya, yaitu pada bulan Februari dan bulan September.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses bagi pembaca atas setiap kontennya dengan prinsip utama bahwa membuat penelitian tersedia secara terbuka bagi dukungan publik guna terwujudnya saling tukar-menukar pengetahuan pada cakupan yang lebih luas.

 

Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pemberkasan terdistribusi antar perpustakaan yang terlibat. Lebih detilnya...

 

Screening for Plagiarism

Untuk menghindari terjadinya tuntutan akan adanya tindakan plagiasi pada artikel yang diterbitkan di dalam jurnal ini, maka pengelola mengharapkan penulis dan pembimbing memastikan bahwa setiap artikel yang hendak diterbitkan tidak merupakan:

- artikel telah/akan dipublikasikan di tempat lain.

- artikel telah/akan diajukan ke paten.

- penelitian tidak menggunakan perangkat lunak yang illegal.

Selain itu, setiap artikel hendaklah dicek terlebih dahulu menggunakan perangkat lunak antiplagiasi yang telah disedikan oleh ITS, seperti iThenticate, sebelum didaftarkan ke jurnal ini.

 

Article Processing Charges

Jurnal Teknik ITS tidak menarik bayaran apapun terkait dengan pemrosesan artikel (Article Processing Charge, APC). Pengelola tidak pernah membebankan biaya apapun terkait pendaftaran, pemrosesan, halaman tambahan, maupun penambahan warna pada artikel yang didaftarkan, diproses, dan dipublikasikan di Jurnal Sains dan Seni ITS.

Akan tetapi, penulis memiliki tanggung jawab penuh atas biaya yang muncul sebagai akibat proses mempersiapkan atau proofreading atas artikelnya berdasarkan inisiatif pribadi.



Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.