Analisis Faktor dan Pengelompokan Kecamatan berdasarkan Indikator Mutu Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar di Kabupaten Sidoarjo

Aridya Prayoga, Ismaini Zain
Submission Date: 2015-07-28 13:56:38
Accepted Date: 2016-01-22 12:09:46

Abstract


Pendidikan merupakan sebuah proses pengubahan perilaku seseorang dalam upaya mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan yang memiliki standar dalam proses berjalannya. Disisi lain indikator Standar Nasional Pendidikan yang digunakan di Indonesia terdiri dari lebih dari 50 indikator dan berbentuk multivariat. Oleh karena itu perlu kajian untuk memfaktorkan indikator-indikator tersebut sehingga terbentuk beberapa faktor yang dominan berperan terhadap mutu pendidikan serta perlu dilakukan pengelompokan daerah berdasarkan faktor yang terbentuk guna mengetahui kelompok-kelompok yang diduga memiliki perbedaan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan data profil pendidikan  Kabupaten Sidoarjo tahun 2013 dan 2014 dengan metode analisis faktor dan K-Means Cluster. Hasil analisis untuk jenjang sekolah dasar terbentuk tiga faktor dominan. Faktor dominan yang berperan membentuk mutu pendidikan tahun 2013 antara lain kualitas sekolah, jaminan masyarakat, dan umum, sedangkan pada tahun 2014 antara lain kualitas sekolah dan lulusan, standarisasi sekolah, dan umum. Kemudian untuk jenjang sekolah menengah pertama terbentuk empat faktor dominan. Faktor dominan berperan membentuk mutu pendidikan tahun 2013 antara lain pelayanan dan lulusan, standarisasi sekolah, siswa, dan umum, sedangkan pada tahun 2014 antara lain pelayanan dan lulusan, siswa, standarisasi sekolah, dan tenaga pendidik. Penelitian ini menghasilkan pengelompokkan pada jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah masing-masing terbagi menjadi tiga kelompok dan dua kelompok.


Keywords


Analisis Faktor;Pendidikan;K-means Cluster

References


Beritasidoarjo.com, 2013. Tingkat Kelulusan SMA/Sederajat Tahun Ini 99,99 Persen. diambil dari : http://www.beritasidoarjo.com/?p=3426. (diakses 19 Maret 2015).

Bhattacarya, G.K. dan Johnson, R.A. 1977. Statistical Concepts and Methods. John Wiley & Sons, New York.

DPRD Kabupaten Sidoarjo. 2012. Sidoarjo Peringkat Satu. diambil dari : http://dprd-sidoarjokab.go.id/sidoarjo-peringkat-satu.html. (diakses 19 Maret 2015).

Johnson, R.A. dan Wichern, D.W. 2002. Applied Multivariate Analysis, Third Edition. Prentice Hall Inc:New Jersey.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Indikator Pendidikan di Indonesia. Kemdikbud. Jakarta.

Lubis, A. 2013. Pelaksanaan Standar Nasional dalam Dunia Pendidikan. Universitas Negeri Medan. Medan.

Morrison, D. F. 1990. Multivariate Statistical Methods. Edisi ketiga. The Wharton School University of Pennsylvania, United Stated of America.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo. 2014. Tingkat Kelulusan Siswa SMP Sidoarjo Capai 99,99 Persen. diambil dari : http://www.humas-protokol.sidoarjokab.go.id/berita-170-tingkat-kelulusan-siswa-smp-sidoarjo-capai-9999-persen.html. (diakses 19 Maret 2015).

Republik Indonesia. 1945. Undang-Undang Dasar pasal 31 ayah 1 Tahun 1945 tentang Hak Mendapat Pendidikan. Sekretariat Negara.. Jakarta.

Siregar, A. 2001. Klasifikasi SMU Negeri Di Indonesia Berdasarkan Indikator Mutu Sekolah. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Suyatno, T. 2012. Faktor-Faktor Penentu Kualitas Pendidikan Sekolah Menengah Umum. STIE Bhakti Pembangunan. Jakarta.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.