Analisis Sistem Antrian Kapal Pengangkut Barang di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Aulia Ahmad, Muhammad Mashuri
Submission Date: 2016-01-26 08:27:09
Accepted Date: 2016-04-28 10:46:38

Abstract


Indonesia sebagai negara kepulauan membutuhkan sistem logistik yang terintegrasi, efektif dan efisien guna meningkatkan daya saing, dan menjamin keberadaan komoditi strategis dari bahan kebutuhan pokok masyarakat secara merata dan terjangkau. Pelabuhan Tanjung Perak merupakan salah satu pelabuhan pintu gerbang Indonesia bagian timur, menjadi puat kolektor dan distributor barang ke Kawasan Timur Indonesia. Arus petikemas di Pelabuhan Tanjung Perak terminal Petikemas Surabaya tahun 2012 mencapai 984.178 boks. Dalam menjaga pelayanan pelabuhan yang optimal, maka perlu  menghindari waktu tunggu kapal (waiting time)  yang lama  serta utilitas sistem antrian yang rendah. Teori antrian merupakan salah satu metode untuk melakukan pengukuran fenomena menunggu dalam sebuah garis dengan memperhatikan representasi dari ukuran performansi. Tujuan dari sistem antrian adalah untuk menawarkan kepuasan kepada pelanggan yang menunggu. Setelah mengetahui model antrian maka dilanjutkan melakukan simulasi model antrian. Model Antrian yang sesuai di Pelabuhan Tanjung Perak yakni G/G/46/I/I. Perbaikan sistem antrian dilakukan dengan mencoba memindahkan beberapa aktivitas bongkar muat dari dermaga yang sudah ada ke dermaga baru. Hasil percobaan menunjukkan peningkatan utilitas pada dermaga yang ada. Dermaga Mirah mengalami peningkatan utilitas paling tinggi yakni 2,24%.

Keywords


Pelabuhan Tanjung Perak;Simulasi;Sistem Antrian;Utilitas

References


Mulyadi, D. (2011). Pengembangan Sistem Logistik yang Efisien dan Efektif dengan Pendekatan Supply Chain Management. Jurnal Riset Industri Vol V No.3 , 275-282.

Pelindo. (2013). Annual Reports 2012 PT Pelindo III. Surabaya: PT Pelindo III.

Pelindo. (2015). Laporan Manajemen Semester I Tahun 2015. Surabaya: PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak.

Siagian, P. (1987). Penelitian Operasioanl : Teori dan Praktek. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Taha, H. A. (2007). Operation Research : an Introduction 8th dition. Boston: Pearson Prentice Hall.

Retnaningsih, S. M., & Irhamah. (2011). Riset Operasi Teori & Aplikasi. Surabaya: ITS Press.

Subagyo, P., & dkk. (2000). Dasar-Dasar Operations Research. Yogyakarta: BPFE.

Hall, R. W. (1991). Queueing Methods For Services and Manufacturing. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Iriawan, N. (2000). Buku Ajar Teknik Simulasi. Surabaya


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.