Pemodelan Angka Putus Sekolah Usia SMP Menggunakan Metode Regresi Nonparametrik Spline di Papua

Latifatul Mubarokah, i Nyoman Budiantara, Madu Ratna
Submission Date: 2016-01-26 08:33:55
Accepted Date: 2016-04-28 10:46:38

Abstract


Pendidikan yang bermutu dan wajib belajar 12 tahun merupakan prioritas bangsa Indonesia. Pada kenyataannya partisipasi masyarakat dalam pendidikan masih sangat rendah atau angka putus sekolah (APtS) masih relatif tinggi. Berdasarkan Badan Pusat Statistik 2013, APtS di papua memasuki 10 besar di Indonesia, dengan rata-rata APtS 2,26% yang lebih besar dari rata-rata APtS nasional 2,21%. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap angka putus sekolah usia SMP di Papua menggunakan regresi nonparametrik spline linier. Pendekatan regresi nonparametrik spline untuk memodelkan APtS di Papua karena pola data pada penelitian ini tidak membentuk suatu pola tertentu. Pada penelitian ini, didapatkan model terbaik yang memiliki nilai GCV minimum dengan tiga knot. Regresi spline linier menghasilkan R2 sebesar 98,648%, dengan semua variabel signifikan yaitu persentase penduduk miskin (x1), laju ekonomi (x2), rasio guru murid (x3), rasio sekolah murid (x4), dan APtS usia SD (x5).

Keywords


APtS;GCV;Regresi Nonparametrik;Spline;Titik Knot

References


Rasiyo. (2008). Pemerataan Pendidikan Belum Tercapai. Diunduh dari alamat http://els.bappenas.go.id/upload/klipping/pemerataan%20%20-blm.pdf pada Minggu, 12 April 2015, 10.00 pm.

Pradipta, M. (2013). Pemodelan Angka Putus Sekolah Usia SMA di Jawa Timur dengan Pendekatan Regresi Spline Multivariabel: Tugas Akhir ITS.

Eubank, R. (1998). Spline Smoothing and Nonparametric Regression. Marcel Dekker, New York.

Sani, L.N. (2015). Pemodelan Faktor-faktor yang Mempengaruhi pengangguran Terbuka di Provinsi Aceh dengan Menggunakan Pendekatan Regresi Nonparametrik Spline: Tugas Akhir ITS.

Walpole, R. E. (1995). Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hardle, Wo., Marlene, M., Stefan, S., dan Axel, W. (2004). Nonparametric and Semiparametric Models. Berlin: Springer.

Budiantara, I. N. (2006). “Regresi Nonparametrik Dalam Statistika”. Makalah pembicara Utama pada Seminar Nasional Matematika, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Makasar (UNM), Makasar.

Draper, N.R. dan Smith, H. (1996). Applied Regression Analysis, Second Edition. John Wiley & Sons.

Gujarati, N. D. (2004). Basic Econometrics, Fourth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Wei, W. W. (2006). Time Series Analysis Univariate and Multivariate Methods2nd Edition. New Jersey: Pearson Education.

Daniel, W.W. (1989). Applied Nonparametric Statistics. New York : John Wiley.

Wakhinuddin. (2009). Angka Partisipasi dalam Pendidikan. Diunduh dari alamat https://wakhinuddin.word-press.com/2009/08/07/angka-partisipasi-dalam-pendidikan/ pada Minggu, 12 April 2015, 09.30 pm.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.