Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Terhadap Pelayanan di Kawasan Wisata Goa Selomangleng Kota Kediri dengan Pendekatan Structural Equation Modeling

Yollafie Asmara, Vita Ratnasari
Submission Date: 2016-07-18 13:32:22
Accepted Date: 2016-12-19 11:11:33

Abstract


Kawasan Wisata Goa Selomangleng merupakan salah satu obyek wisata di Kota Kediri. Jumlah pengunjung pada tahun 2014 mencapai 105.262 pengunjung, sedangkan tahun 2015 jumahnya menurun drastis sebesar 75.765 pengunjung. Berdasarkan hal tersebut diperlukan sebuah penelitian untuk menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas pengunjung Kawasan Wisata Goa Selomangleng. Data yang digunakan merupakan data primeryang dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA),Structural Equation Modeling (SEM), dan Net Promoter Score (NPS). Terdapat 33 indikator yang terdiri dari 25 indikator variabel kualitas pelayanan, 3 indikator variabel kepuasan, dan 5 indikator variabel loyalitas. Hasil IPA menyatakan, indikator yang perlu diperbaiki adalah kinerja petugas dalam memberikan rasa nyaman dan pelayanan yang baik, kebersihan fasilitas umum serta kebersihan lingkungan. Sedangkan analisis SEM menghasilkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengunjung dan variabel kepuasan dengan loyalitas pengunjung. Selain itu, terdapat pengaruh tak langsung antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas dan hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui variabel kepuasan. Tingkat loyalitas pengunjung tergolong sangat rendah yaitu sebesar -13%. Artinya, besar kemungkinan pengunjung akan berpindah ke tempat wisata lain.

Keywords


Importance Performance Analysis; Kepuasan; Kualitas Pelayanan; Loyalitas; Net Promoter Score; Structural Equation Modeling

References


Anonim. (2014). Situs Resmi Pemerintah Kota Kediri.

Anonim. (2013). Kajian indeks kepuasan masyarakat terhadap kawasan wisata goa selomangleng kota Kediri. Kediri: Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga.

Prastiwi, E.H., (20). Importance-performance untuk mengukur kualitas layanan jasa. Jurnal Ekonomi,5,45-49.

Oh, Haemon. (2001). Revisiting Importance-Performance Analysis. Journal of Tourism Management, 22, 617-627.

Johnson, R. A. & Wichern, D. W. (2007). Applied multivariate statistical analysis (6th ed.) United States of America: Pearson Prentice Hall.

Kannan, K. S. & Manoj, K. (2015). Outlier detection in multivariate data. Jurnal of applied mathematical siences, 9, 2317-2324

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis. (7th ed). Upper sadle River, New Jersey: Pearson Education International.

Dachlan, Usman. (2014). Panduan lengkap structural equation modeling. Semarang: Lentera Ilmu.

Sharma, S. (1996). Applied multivariate techniques. United States of America: John Wiley & Sons, Inc

Keiningham, T. L., Cooil, B., Andreassen, T. W., & Aksoy, L. (2007). A longitudinal examination of net promoter and firm revenue growth. Journal of Marketing, 71, 39-51

Arifani, I. (2015). Pendekatan experimental marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung Wisata Bahari Lamongan menggunakan analisis multivariat. Tugas akhir program sarjana tidak dipublikasikan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.