Peramalan Pengguna Kapal Ferry Ujung-Kamal dengan Metode Intervensi

Eka Apriliani, Irhamah Irhamah
Submission Date: 2016-07-26 12:05:05
Accepted Date: 2016-12-19 21:04:03

Abstract


Pelabuhan Ujung-Kamal merupakan pelabuhan penyeberangan yang menjadi gerbang utama dari pelabuhan Kamal di Madura, Kabupaten Bangkalan. Sebelum beroperasinya Jembatan Suramadu, masyarakat Madura menggunakan kapal ferry sebagai alat transportasi menuju Pulau Madura. Semenjak beroperasinya Suramadu, banyak penumpang kapal ferry yang beralih menggunakan suramadu dikarenakan waktu tempuh lebih cepat dibanding dengan kapal dan harga tiket lebih murah. Pada tanggal 13 Juni 2015 presiden memberikan kebijakan membebaskan tarif Tol Jembatan Suramadu roda dua. Kebijakan tersebut membuat penumpang kapal ferry Ujung-Kamal semakin menurun. Penelitian ini bertujuannya melihat apakah pembebasan tarif suramadu roda dua memberikan pengaruh penurunan penumpang kapal ferry Ujung-Kamal. Didapatkan hasil dari peramalan pada pengguna kapal ferry Ujung-Kamal, dari analisis intervensi pada penumpang agregat dan roda dua. Menunjukkan adanya pengaruh pembebasan tarif tol Suramadu roda dua pada penumpang agregat berdampak pada saat 15 hari setelah terjadinya intervensi dan penumpang rodadua berdampak 5 hari setelah intervensi. intervensi yang terjadi yaitu step, dalam waktu yang panjang.


Keywords


Pembebasan Tarif; Intervensi

References


Kementrian Perhubungan. (2014). Informasi Geo-Spasial Transportasi 2014 Prasarana Transportasi. Diakses 24 Februari, 2016, dari

http://gis.dephub.go.id/gallery/Foto/Buku/BUKU%203%20-%20Buku%20Geospasial%20III%20-%20cetak.pdf

Akuntoro, I. (2015). Jokowi Bebaskan Tarif Jalan Tol Suramadu untuk Roda Dua, Juni 12, 2015. Diakses 24 Desember, 2015, dari

http//nasional.kompas.com/read/2015/06/12/15401071/Jokowi.Bebaskan.Tarif.Jalan.Tol.Suramadu.untuk.Roda.Dua

Wei, W.W.S. (2006). Time Series Analysis, Univariate, and Multivariate Methods. Canada: Addison Wesley Publishing Company

Lukitasari, I. (2006). Pemodelan Intervensi Pada Kendaraan Roda Dua Di Kapal Ferri Ujung-Kamal (Evaluasi Dampak Beroperasinya Jembatan Suramadu), Tugas Akhir. Program Sarjana Jurusan Statistika ITS, Surabaya.

Pratiwi, R. (2014). Analisis Intervensi untuk Evaluasi Pengaruh Bencana Lumpur Lapindo dan Kebijakan Pembukaan Arteri Porong Terhadap Volume Kendaraan Di Jalan Tol Waru-Gempol. Jurnal Sains dan Seni POMITS, 3(2), 164-169.

Walpole, R.E. 1995. Pengantar Statistika. Edisi ke 3. Diterjemahkan oleh: Bambang Sumantri. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Makridakis, S., Wheelwright, S.C., & McGee, V.E. (1999). Jilid 1 Edisi Kedua, Terjemahan Ir. Hari Suminto. Metode dan Aplikasi Peramalan, Jakarta : Bina Rupa Aksara.

Bowerman, B. L., & O'Connell, R. T. (1993). Forecasting and Time Series : an Applied Approach,2nd Edition. California: Duxbury Press.

Badan Pusat Statistik. (2016). Transportasi. Diakses 27 Februari, 2016, darihttp://www.bps.go.id/Subjek/view/id/17#subjekViewTab1|accordion-daftar-subjek2


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.