Bandung eSport Arena Membangun Ekosistem eSport di Indonesia

Muhammad Abdillah Wiguna, Wawan Ardiyan Suryawan
Submission Date: 2016-07-26 12:00:22
Accepted Date: 2016-12-13 00:00:00

Abstract


Diluar negeri game bukanlah lagi sebuah wahana untuk menghabiskan waktu luang melainkan menjadi sebuah profesi dengan pendapatan yang cukup meyakinkan. Profesi tersebut dengan adalah menjadi atlit professional dalam kasus ini yang ahli dalam bermain video game atau yang sudah banyak dikenal orang dengan sebutan eAthlete. Jika sudah diberi judul atlit maka hal yang mereka lakukan dikategorikan dalam sebuah olahraga yang mana diberi nama eSport. Di Indonesia sendiri e-sport sudah cukup berkembang, terbukti dengan adanya beberapa turnamen berskala nasional yang dilaksanakan di berbagai tempat dan diakuinya Indonesia eSport Association (IeSPA) sebagai organisasi e-sport Indonesia oleh Kemenpora turut menjadi titik terang perkembangan olahraga ini di negeri kita. Meskipun event e-sport terlihat tidak sulit untuk dilakukan karena hanya dibutuhkan seperangkat komputer dengan spesifikasi yang mumpuni namun sebenarnya untuk melaksanakannya membutuhkan tempat dengan susunan ruang-ruang tertentu. Agar atlit yang akan bertanding bisa berkonsentrasi dalam permainannya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah tempat yang memang di desain khusus untuk melaksanakan sebuah event eSport. Objek rancangan ini selain bertujuan untuk menyokong kebutuhan lokasi untuk e-Sport juga dapat menjadi tempat untuk diadakannya event berskala internasional. Karena jika kita melihat arena e-Sport di negara lain selalu penuh didatangi oleh penonton dari negara mereka sendiri juga dari negara lain. Melalui objek rancangan ini, saya mencoba menggambarkan bahwa bermain game itu walaupun tetap kompetitif secara pertarungan, namun tetap bisa membuat orang yang melihat atau memainkannya merasa senang, karena tujuan dari dibuatnya game itu sendiri adalah agar pengguna nya bisa merasakan kebahagiaan.

Keywords


e-Athlete; e-Sport; e-Sport Arena

References