DESAIN DAN SIMULASI SISTEM KENDALI LINEAR QUADRATIC GAUSSIAN (LQG) UNTUK KESTABILAN GERAK PITCH LSU-05

Shaffiani Nurul Fajar
Submission Date: 2016-07-28 11:54:53
Accepted Date: 2016-11-23 18:14:55

Abstract


Lapan Surveillance UAV (LSU)-05 merupakan salah satu jenis Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak yang dikembangkan oleh LAPAN sejak tahun 2013. LSU-05 memiliki empat jenis kendali permukaan, salah satunya adalah elevator yang berfungsi mengendalikan gerak sudut pitch. Agar sudut pitch pada UAV stabil dan mengikuti setpoint, maka dibutuhkan perancangan sistem kendali. Langkah pertama adalah mengkaji penurunan persamaan model gerak longitudinal pesawat. Langkah kedua adalah melakukan perancangan kendali LQG. Kendali LQG dipilih karena mampu memperbaiki keluaran sistem dari gangguan yang bersifat stokastik. Selain itu, juga ditambahkan kendali integral agar keluaran sudut pitch sesuai dengan input yang dimasukkan. Setelah kendali LQG dan kendali integral diterapkan, maka dilakukan pengamatan hasil simulasi untuk mendapatkan respon keluaran sistem. Dari hasil pengamatan, diperoleh waktu stabil sudut pitch adalah 0,435 s, yang berarti ketika LSU-05 melakukan gerak pitch sebesar 0,2 rad, maka untuk mencapai 0,2 rad dibutuhkan waktu sebesar 0,435 s. Selain itu diperoleh nilai overshoot sebesar 10% yang berarti saat nilai masukkan sudut pitch sebesar 0,2 rad, LSU-05 melakukan gerak pitch sebesar 0,22 rad.


Keywords


LSU-05;sudut pitch;gerak longitudinal;kendali LQG

References


Anonim. LAPAN Luncurkan Varian Baru UAV Seri LSU – 05. http: // jakartagreater . com /lapan-luncurkan-varian-baru-uav-seri-lsu-05/. Diakses pada tanggal 01 Desember 2015 pukul 12.44 WIB.

Purnawan, Heri. 2015. Desain Sistem Kendali Linear Quadratic Regulator (LQR) Untuk Kestabilan Terbang LSU-05. Tugas Akhir Jurusan Matematika ITS : Surabaya.

Durham, Wayne. 2013. Aircraft Flight Dynamics and Control. Wiley : Virginia Polytechnic Institute and State University, USA.

Purwanto, Eko Budi. 2015. Identification and Flight Stability Analysis of LSU-05 to Servo Deflection of Surface Control System. International Seminar on Aerospace Science and Technology. LAPAN.

Subiono. 2013. Sistem Linear dan Kontrol Optimal. Jurusan Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember : Surabaya.

Siouris, George M. 1996. An Engineering Approach To Optimal Control and Estimation Theory. ISBN 0-471-12126-6.

Ogata, Katsuhiko. 2010. Modern Control Engineering Fifth Edition. Pretince Hall.


CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.