Desain Interior Insumo Palace Hotel And Resort Kediri Untuk Pengunjung Keluarga Bertema Modern dengan Sentuhan Aplikasi Motif Batik Brantas Mulya Khas Kediri

Chrysan Adi Putri, Mahendra Wardhana, Aria Weny Anggraita
Submission Date: 2016-07-28 21:02:06
Accepted Date: 2017-02-01 16:05:29

Abstract


Hotel merupakan suatu tempat umum yang menyediakan kamar untuk disewakan per harinya dengan ruangan tambahan seperti restoran, fasilitas olahraga, ruang rapat sebagai fasilitas penunjang.  Semakin berkembangnya jaman, perkembangan pariwisata tidak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya namun juga di kota-kota kecil. Kota Kediri merupakan salah satu kota dengan pilihan pariwisata mulai dari wisata sejarah hingga wisata religi. Salah satu wisata yang terkenal di Kota Kediri adalah Kawasan Wisata Goa Selomangkleng. Saat ini kegiatan berwisata tidak hanya menjadi hiburan semata melainkan telah menjadi bagian dari kebutuhan bagi masyarakat di Indonesia. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah wisatawan domestik pada tahun 2014 mencapai 251 juta orang (berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata), dimana  angka tersebut mengatakan bahwa jumlah masyarakat Indonesia yang melakukan kegiatan wisata jumlahnya hampir mendekati jumlah penduduk Indonesia. Namun dengan adanya peningkatan tersebut, tidak banyak hotel yang menyediakan fasilitas ataupun dekorasi yang variatif dan  menarik bagi pengunjung khususnya untuk pengunjung keluarga. Metode pengambilan data yang digunakan untuk proses desain hotel ini meliputi pengumpulan data baik secara langsung ke lapangan maupun tidak langsung. Pengumpulan data mengenai Insumo Palace Hotel and Resort dilakukan dengan metode observasi lapangan guna mengetahui keadaan terkini desain hotel dan obervasi tidak langsung untuk mengumpulkan data-data tentang hotel melalui website hotel. Wawancara dengan beberapa narasumber yang pernah menginap di hotel tersebut untuk mengetahui bagaimana kesan dan kenyamanan pengunjung terhadap desain dan fasilitas hotel. Sedangkan studi pustaka tentang standar hotel bintang tiga dan tema modern dilakukan dengan mengumpulkan beberapa informasi baik dari literatur buku, jurnal hingga blog internet. Pengumpulan data digunakan untuk mengetahui standar desain yang digunakan, pembanding dan referensi yang diperlukan berkaitan dengan objek desain. Sehingga dari hasil proses desain didapatkan bahwa tema modern yang menampilkan kesan kekinian pada ruangan merupakan tema yang cocok untuk desain ruangan dengan pengunjung keluarga dan dengan sentuhan aplikasi motif batik brantas mulya khas kediri akan memberikan nuansa berbeda sekaligus memberikan identitas Kota Kediri di dalam ruangan.

Keywords


Hotel; Kediri; Keluarga; Modern; Motif Batik Brantas Mulya

References


Hidayat, D.W. dan Setiawan, A.P. (2015), "Perancangan Interior Cafe dan Restoran Khas Surabaya di Jalan Embong Malang Surabaya", Jurnal Intra, Vol.3, No.2, Hal.92-101.

Putra, Ida Bagus. (2012), Desain Interior Restoran Hu'u, Sanur-Bali, Artikel Ilmiah, Program Studi Desain Interior, ISI Denpasar, Denpasar.

Wahyuni, Klara Dwi. (2012), Restoran Waroeng Spesial Sambal dengan Konsep Rustic Of Javanese, Artikel Ilmiah, Program Studi Desain Interior, ISI Denpasar, Denpasar.

Cannon, Joseph P., dkk. 2008. “Pemasaran Dasar, Pendekatan Manejerial Global Buku 1 Edisi 16”. Jakarta. Salemba Empat.

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/645/jbptunikompp-gdl-linaherlin-32222-4-bab2-lina.pdf Diakses pada tanggal 09 Desember 2015.

http://e-journal.uajy.ac.id/5091/3/2TA13169.pdf Diakses pada tanggal 25 Februari 2016.

Hanindito, D.S. dan Pandu S., A. (2013), " Pengaruh Warna Dan Material Terhadap Perancangan Rumah Bagi Manula", Jurnal Intra, Vol.1, No.1, Hal.1-5.

Evelyna, J., dkk. (2015), " Perancangan Interior Lobby, Lounge, Bar Resort Inaya Putri Bali di Nusa Dua", Jurnal Intra, Vol.3, No.2, Hal. 328-333.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.