Perancangan Board Game Hanacaraka Sebagai Media Bantu Pembelajaran Bahasa Jawa Untuk Siswa Kelas 3 dan 4 SD

Anggun Fajarizka, Raditya Eka Rizkiantono
Submission Date: 2016-07-29 17:39:12
Accepted Date: 2016-12-14 11:52:02

Abstract


Aksara Jawa merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia yang patut dilestarikan. Namun seiring berjalannya waktu aksara Jawa semakin ditinggalkan. Aksara Jawa sebenarnya tidak dikatakan menghilang, hanya mengalami akulturasi, yaitu menipisnya pemahaman masyarakat akan budaya sendiri. Sebagian besar siswa di sekolah masih mengalami kesulitan dalam belajar membaca aksara jawa karena semakin tinggi tingkat pendidikannya, semakin berkurang pula materi aksara jawa yang diberikan. Dampak yang terjadi adalah siswa kurang paham dalam membedakan bentuk aksara jawa sehingga mengalami kesulitan dalam membaca aksara jawa. Tahapan pengumpulan data diperoleh langsung melalui penyebaran kuesioner kepada target audiens di Surabaya, wawancara mendalam kepada pengajar Bahasa Jawa, melakukan studi eksisting dan komparatif terhadap media pembelajaran lainnya, dan studi literatur dengan mengumpulkan berbagai data dari buku dan internet. Dengan menggunakan media pembelajaran berupa board game edukasi, diharapkan dapat meningkatkan minat pada aksara jawa, meningkatkan pemahaman siswa dalam membedakan huruf-huruf yang hampir sama bentuknya, memudahkan siswa dalam belajar membaca Aksara Jawa, menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan, serta dapat dijadikan metode belajar yang menarik dan mudah dipahami.

 

 


Keywords


Aksara Jawa; Board Game; Media Pembelajaran

References


Adam, E. (2010). Fundamentals os Game Design. USA: Pearson Education.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Baskoro, I. D. (2010). Panduan Pengembangan dan Pendayagunaan Sumber Belajar di Lingkungan Lembaga/Program PNFI. Bandung: Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal & Informasi (P2PNFI).

Danarty, D. (2010). 52 Fun Family Full Games Mudah, Murah, Menarik, Kreatif, Edukatif, Sekaligus Menyenangkan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Gusdiansyah, R. (2009). Teknik Cerdik Menggambar Wajah. Jakarta: Gramedia.

Harmoko, H. (1995). Indonesia Indah buku ke-9 : Aksara. Jakarta: Yayasan Harapan Kita-BP Taman Mini Indonesia Indah.

Klimchuk, M. R. (2007). Desain Kemasan Merek Produk yang Berhasil dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Kusrianto, A. (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mark, W. (2005). Text and Image. Switzerland: AVA Publishing.

Pujiriyanto. (2005). Desain Grafis Komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ruslan, S. (2008). Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sadiman, A. (2005). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Semiawan, C. R. (2008). Lajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Indonesia: Macanan Jaya Cemerlang.

Sihombing, D. (2001). Tipografi Dalam Desain Gr. Jakarta: Gramedia.

Supendi, P. d. (2007). Fun Game. Bandung: Niaga Swadaya.

Sutiono, R. J. (2009). Visual Merchandising Attraction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Mainan, Bermain, Permainan. Jakarta: Grasindo.

Yudha, A. (2007). Kenapa Guru Harus Kreatif ? Bandung: DAR! Mizan.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.