Perancangan Kampanye Edukasi Bijak Memilih Kosmetik Untuk Wanita Usia 20-25 Tahun

Reza Aditayanti Prasetyo, Octaviyanti Dwi Wahyurini
Submission Date: 2016-08-01 14:05:45
Accepted Date: 2017-01-16 10:14:18

Abstract


Menjadi cantik adalah keinginan setiap wanita. Berbagai macam jenis kosmetik mulai dari kosmetik dekoratif hingga perawatan tubuh digunakan oleh wanita setiap harinya. Namun saat ini banyak kosmetik berbahaya yang merugikan kesehatan beredar di pasaran. Untuk itulah sudah seharusnya wanita lebih cermat dalam memilih kosmetik agar tidak merugikan kesehatan diri sendiri. Tahap pertama pada proses perancangan ini adalah pengumpulan data dengan melakukan studi berupa kuesioner dan berdiskusi, melakukan wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait dengan objek perancangan, observasi, studi eksisting dan studi literatur. Dari hasil penelitian yang dilakukan, akan dilakukan identifikasi masalah yang akan dianalisis untuk menentukan solusi desain yang tepat. Tahap terakhir adalah pengambilan keputusan dan dilanjutkan dengan proses evaluasi hingga akhirnya menghasilkan desain yang sesuai. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak target audiens agar lebih cermat dalam memilih kosmetik dengan konsep kampanye “Harmless Beauty” Dengan adanya media pada kampanye ini seperti Advertorial, poster, video, serta Media Internet, target audiens diharapkan dapat lebih teredukasi dan dapat terhindar dari bahan berbahaya yang terdapat pada kosmetik palsu dan ilegal.

Keywords


Kampanye;bijak memilih kosmetik;kosmetik berbahaya; wanita

References


Barry, Pete. 2010. The Advertising Concept Book. London: Thames & Hudson

Buttenshaw, Ken, Mahon, Nik, Barfoot, Caroline. 2011. The Fundamental of Creative Adveritising. London: AVA

Cangara, H.Hafied, M.Sc.Ph D. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers

Moriarty, Sandra, Mitchell, Nancy, Wells, William. 2011. Advertising Edisi Kedelapan. Jakarta : Kencana

Muliyawan, Dewi. 2015. Beauty Is Pain. Jakarta: BIP

Muliyawan, Dewi, Suriana, Neti. 2013. A-Z tentang Kosmetik. Jakarta: Elex Media Komputindo

Rewoldt, Stewart H. 2001. Perencanaan dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Rineka Cipta

Wells, Stone, Spence, Moriarty, Burnett. 2008. Advertising. Australia: Pearson


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.