Redesain Interior Museum Provinsi Papua dengan Konsep Edukasi-Budaya dan Kontemporer

Mira Christantia Kuheba, R.Adi Wardoyo
Submission Date: 2016-08-02 09:35:54
Accepted Date: 2017-01-16 09:42:41

Abstract


Museum merupakan sarana edukasi dan rekreasi. Museum harus didesain sedemikian rupa agar dapat menyajikan informasi mengenai objek koleksi kepada pengunjung. Sebagian besar penunjung Museum Provinsi Papua adalah pelajar sehingga dibutuhkan museum yang mampu memenuhi kebutuhan dalam memperkaya wawasan pengunjung. Untuk mencapai tujuan dari museum ini, digunakan empat buah metode edukasi yang tidak terlepas dari pengaruh budaya dan kontemporer. Museum Provinsi Papua adalah Museum yang paling besar di Indonesia Timur.Penulis mengutamakan konsep tentang Edukasi budaya Papua, berupa pemilihan metode edukasi yang tepat. Pemilihan yang warna, material dan elemen estetis nantinya akan disesuaikan dengan konsep kebudayaan dan kontemporer. Hal-hal diatas diharapkan dapat menjadi kesatuan yang nantinya akan menyelesaikan masalah dari museum ini. Pengumpulan data, penulis melakukannya dengan observasi, wawancara, kuisioner pada pengunjung. Selain data penelitian, penulis juga memperoleh data sekunder dari studi-studi literatur berupa buku dan data arsitektur. Konsep interior museum ini akan mengedukasi pengunjung dengan menggunakan metode pembelajaran dan pengajaran. Metode ini diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan pengunjung untuk melestarikan budaya Papua

Keywords


Museum; Papua; edukasi; budaya; kontemporer

References


Widadi, Zahir. M.Hum, 2011, Peran Edukasi Museum Museum Batik di Pekalongan sebagai sumber pembelajaran Batik dalam Seminar Towards Indonesian Postmodern Museums online (museumku.files.wordpress.com/2010/05/zahir-widadi-peran-edukasi-museum-museum-batik-di-pekalongan.pdf diakses pada 20 Januari 2016).

Dinas Pendidikan Papua. 1999. Museum Provinsi Papua. Jayapura: Balai Pustaka

Joseph De Chiara, Julius Panero, Martin Zelnik. 1991. Time-Saver Standard for Interior Design dan Space Planning. Singapore: Mc-Graw-Hill.inc

Rengel, Roberto. 2007. Shaping Interior Space.New York: Fairchild Publication,Inc

NPS Museum Handbook Part I (1999), Museum Collection. From https://www.nps.gov/museum/publications/MHI/MHI.pdf diakses pada 1 Desember 2015.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.