Perancangan Komik Digital Interaktif Tentang Srikandi: Sandika

Hayyu Primandita, Baroto Tavip Indrojarwo
Submission Date: 2016-08-02 14:26:51
Accepted Date: 2017-01-16 10:18:14

Abstract


Perancangan komik interaktif tentang Dewi Srikandi ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan minat anak muda untuk mempelajari pewayangan Indonesia. Ada berbagai alasan mengapa banyak yang tidak tertarik mempelajarinya, salah satunya adalah tidak mengerti bahasa yang digunakan yaitu bahasa Jawa yang kompleks dan tidak bisa memahami alur ceritanya. Selain itu, kisah-kisah pewayangan dalam media Indonesia hamper semuanya merupakan pewayangan dari India. Perancangan ini mengambil kisah Srikandi, Arjuna, Bisma dan Amba berdasarkan kisah pewayangan Indonesia. Penulis menggunakan metode pendekatan terhadap target audience berupa kuesioner untuk mengetahui hal-hal apa yang menyebabkan mereka tidak tertarik untuk memahami pewayangan Indonesia dan juga mengetahui hal-hal yang akan diminati oleh kalangan muda untuk memahami pewayangan Indonesia. Selain itu juga menggunakan metode studi eksisting dari komik wayang dan komik interaktif, dan metode eksperimental baik dalam hal ilustrasi maupun pemrograman. Hasil perancangan ini menggunakan 2 bahasa yakni Bahasa Indonesia asli sehingga seluruh anak muda se-Indonesia bisa lebih memahaminya dan tertarik akan pewayangan Indonesia, dan Bahasa Inggris untuk menarik minat pembaca internasional. Komik ini mengandung efek suara dan animasi ringan di tiap halamannya. Dengan adanya perancangan ini diharapkan dapat menimbulkan ketertarikan anak muda dalam mempelajari budaya pewayangan.

Keywords


Wayang; Komik Interaktif; Indonesia; Motion Comic

References


Budparjtg. 2015." Hamparan Karang Bertabur Mitos di Pantai Sembukan". Diakses pada 24 April 2016, dari http://jatengprov.go.id/id/wisata/hamparan-karang-bertabur-mitos-di-pantai-sembukan.

CD Projekt RED S.A. 2012. “The Witcher 2 Interactive Comic Book”. Diakses pada 24 April 2016, dari https://itunes.apple.com/gb/app/witcher-2-interactive-comic/id514528113?mt=8. CD Projekt RED S.A.

De Stefano, Ralph A. 2008. "Timing". Electronic Visualization Laboratory, Chicago: University of Illinois

Firman Nugraha. 2014. "Cara Mendaftarkan Aplikasi di Google Play". Diakses pada 24 April 2016, http://teknojurnal.com/tutorial-mendaftarkan-aplikasi-di-google-play/.

Harningsih, Tri. 2013. "Komik Wayang Berbahasa Inggris, The Pandawa Story". Diakses pada 25 April 2016, dari http://www.sayangi.com/gayahidup1/travel/read/10201/komik-wayang-berbahasa-inggris-the-pandawa-story.

Jane Halsall, R. William Edminster. 2009. Visual media for teens. ABC-CLIO.

Lewinski, John Scott. 2009. "Gibbons Provides New Watchmen Art; Motion Comic Goes DVD". Wired News.

Lightfoot, Nataha. 2008. "12 Principles". Animation Toolworks.

Mahendra, Septian Ade. 2013. "Panah Sumarno, Panah Berkualitas Standar Atlet Nasional". Diakses pada 24 April 2016, dari http://terasolo.com/kerajinan/pembuatan-panah-atlet-nasional.html.

Mair, Victor H. 1988. Painting and Performance: Picture Recitation and Its Indian Genesis. Honolulu: University of Hawaii Press, p. 58.

Mulyono, Ir. Sri. 1983. Sebuah Tinjauan Filosofis: Simbolisme dan Mistikisme dalam Wayang. Jakarta: PT Gunung Agung.

Mulyono, Ir. Sri. 1982. Wayang dan Filsafat Nusantara. Jakarta: PT Gunung Agung.

UNESCO. 2003. "Wayang puppet theatre". Dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity. UNESCO.

Thomas, Frank; Ollie Johnston. 1997. [1981]. The Illusion of Life: Disney Animation: Hyperion.

Willian. 2006. "Appeal". Blender.

Witzel, Michael .1995. "Early Sanskritization: Origin and Development of the Kuru state". EJVS.

Yonathan, Andreas. 2015. “Kini Orang Indonesia Bisa Menjual Aplikasi Android di Play Store”. Diakses pada 25 April 2016, dari https://studentpreneur.co/blog/kini-orang-indonesia-bisa-menjual-aplikasi-android-di-play-store/. Studentpreneur


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.