Perancangan Video Promosi “Jelajah Pantai Tulungagung” untuk Menunjang Potensi Wisata Pantai di Kabupaten Tulungagung

Laila Ratna Swari, Rahmatsyam Lakoro
Submission Date: 2016-08-02 23:28:27
Accepted Date: 2016-12-14 09:58:51

Abstract


Kabupaten Tulungagung yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia menguntungkan wilayah ini sehingga memiliki banyak bibir pantai yang berpotensi sebagai sarana wisata. Beberapa pantai tersebut sempat menjadi tren wisata di kalangan netizen pada musim liburan tahun 2015. Meskipun begitu, ternyata berdasarkan google trends, hasil penelitian Dinas Pariwisata Jawa Timur dan hasil kuesioner yang disebarkan secara acak ke seluruh wilayah Indonesia khususnya Jawa, maka popularitas deretan Pantai Tulungagung masih direntang bawah dibandingkan deretan Pantai Pacitan dan Blitar. Penelitian ini mengkaji tentang daya tarik wisata pantai-pantai di Tulungagung dan seberapa besar kegiatan promosi yang telah dilakukan. Proses penelitian ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pra riset yang mengkaji tentang dasar penggunaan tema judul, serta tahap riset yang mengkaji tentang konten obyek perancangan. Sumber datanya didapat dari wawancara narasumber, observasi, penggalian data ke Bappeda Tulungagung, kuesioner yang disebarkan secara online, studi pustaka dari jurnal ilmiah dan penggalian data melalui situs-situs perjalanan online. Hasil luaran dari perancangan ini yaitu video promosi yang merepresentasikan daya tarik wisata pantai di Kabupaten Tulungagung dengan konsep “Jelajah Pantai Tulungagung”. Konten wisatanya terdiri dari enam obyek wisata yang terseleksi dari berbagai parameter daya tarik wisata. Hasil luaran tersebut dapat memberikan akses informasi dan mempersuasi target audiens untuk mengunjungi lokasi wisata guna membantu program pengembangan pariwisata daerah oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung (DISPARPORA) selaku pihak stakeholder.

Keywords


pantai Tulungagung; video promosi; wisata pantai

References


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. 2013. Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur 2013 dalam Angka. Jawa Timur : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Morissan. 2008. Jurnalistik Televisi Mutakhir. Jakarta: Kencana.

Purba. 2013. Shooting yang benar!. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yoeti. A. 2002. Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: Pradnya Paramita


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.