Re-Desain Interior Showroom Toyota Auto2000 Dengan Langgam Futuristik Family

Isra Nasharmalik Rusadi, Budiono Budiono
Submission Date: 2016-08-03 12:40:09
Accepted Date: 2017-01-17 13:53:56

Abstract


Perkembangan industri otomotif yang pesat di Indonesia menimbulkan persaingan di antara merek kendaraan. Showroom merupakan fasilitas produsen otomotif untuk memamerkan produk-produk yang dikeluarkan serta memberikan pelayanan guna menjaga loyalitas konsumen. Toyota merupakan salah satu merek otomotif yang banyak diminati di Indonesia. Interior menjadi solusi untuk membantu memamerkan kendaraan yang dijual dan memberikan kenyamanan kepada konsumen Toyota. Perencanaan re-desain interior Showroom Toyota Auto2000 ini berdasarkan observasi objek desain, wawancara kepala bengkel, dan analisa melalui kuisioner kepada beberapa responden. Berdasarkan metodologi tersebut, hasil yang diperoleh berupa konsep perencanaan Showroom Toyota Auto2000 berupa konsep Showroom dengan langgam Futuristik Family. Konsep Futuristik merupakan suatu langgam desain yang mencerminkan simbol teknologi, yang selalu berkembang ke masa depan. Konsep Family dalam bahasa indonesia berarti keluarga, yaitu dimana semua kebutuhan dapat terfasilitasi dengan baik pada semua segmentasi. Pengaplikasian bentukan futuristik yang menarik  menjadi nilai tambah untuk area pamer sehingga membuat mobil terlihat dengan baik. Sirkulasi yang efisien untuk pegawai dibuat agar mereka dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung. Dengan beberapa konsep diatas kemudian disusun sebuah konsep perencanaan yakni re-desain interior Showroom Toyota Auto2000 dengan langgam Futuristik Family. Menampilkan bentukan futuristik yang diambil dari tranformasi logo Toyota dan menggunakan material yang mendukung konsep futuristik. Hal tersebut dilaksanakan agar Showroom Toyota Auto2000 menjadi fasilitas yang dapat meningkatkan loyalitas pengunjung terhadapat kendaraan merek Toyota.

Keywords


Desain Interior; Family; Futuristik; Showroom; Toyota

References


D.K. Ching, Francis, 2002, Architectue, Space and Order, New York : Maxmillan Panero, Julius dan Zelnik Martin, 1979, Dimensi Manusia dan Interior, Indonesia : Penerbit Erlangga.

Auto2000 (2016). Toyota lets go beyond. [Diakses maret 2016]

Dewa Made Agasbrama (2014). Konsep Desain Interior Futuristik. [Diakses maret 2016]

Masum Sagivile (2012). Menata Produk. [Diakses 2016]

Prabu (2009). Sistem dan Standart Pencahayaan Ruang. [Diakses Maret 2016]

Sinta Anggraheni (2014). Pengertian Display. [Diakses Mei 2016]

Wikipedia (2016) Satuan Ruang Parkir. [Diakses maret 2016]


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.