Redesain Interior Showroom Honda Jemursari Surabaya dengan Konsep Green-Futuristik

Abel Adha Rosanta, Aria Weny Anggraita
Submission Date: 2016-08-03 14:33:43
Accepted Date: 2018-02-17 17:20:34

Abstract


Perkembangan industri otomotif yang semakin pesat menimbulkan persaingan antar merek, berbagai macam strategi pemasaran di lakukan, salah satunya dengan melakukan branding produk. PT. Honda Prospect Motor (HPM) adalah agen tunggal pemegang merk mobil Honda di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dalam kualitas pelayanan perawatan mobil pada bengkel resmi Honda di Kota Surabaya.  Honda adalah salah satu produsen mobil yang berhasil dengan branding merek yaitu menciptakan kendaraan yang irit,kencang,dan berteknologi tinggi sesuai dengan slogan Honda “The Power of Dream”. Selain itu Honda juga mempunyai konsep “Green Dealer” sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Sayangnya konsep green pada showroom masih belum dapat dirasakan secara maksimal disetiap showroom Honda di Surabaya khususnya. Maka dari itu Showroom Honda dengan konsep “Green Futuristic” diharapkan dapat menjadi sarana yang mencerminkan karakter produk dan juga dapat menjadi sarana untuk memberikan informasi tentang visi misi dan cara pandang Honda dalam menghargai sebuah produk.  Metodologi desain meliputi pengumpulan data lewat pengamatan lapangan dan lewat penyebaran kuisioner, kemudian di analisa terhadap elemen pemenuh kebutuhan sebuah showroom mobil, untuk mendapatkan program ruang dan konsep desain yang relevan dengan kebutuhan, fungsi, dan permasalahan pada objek desain. Konsep yang dihadirkan pada showroom ini yaitu membuat suasana interior showroom seperti di masa depan dengan perpaduan tanaman hijau dan permainan lampu neon khas gaya futuristik. Aplikasi konsep tersebut bermaksud untuk memberikan nuansa yang mendukung karakter produk dan mewujudkan konsep “Green Dealer” itu sendiri. Sehingga diharapkan showroom ini dapat meningkatkan nilai jual dan memberikan kesan mendalam pada setiap konsumen yang datang ke showroom tersebut

Keywords


Showroom mobil; Green Dealer; Futuristik

References