Desain Mainan Anak Khusus Penderita Cerebral Palsy Dengan Konsep Menstimulus Koordinasi Gerak Anak

Putu Cindy Pradnya Pratiwi, Baroto Tavip Indrojarwo
Submission Date: 2016-08-07 10:09:48
Accepted Date: 2017-01-19 13:58:29

Abstract


Cerebral Palsy adalah kelainan fisik berupa kelemahan pada otot yang menyebabkan penderita tidak dapat duduk, berdiri dan berjalan karena koordinasi gerak pada tangan kaki yang tidak maksimal. Penderita harus melakukan terapi sejak dini secara teratur setiap hari,. Terapi ini sangat penting karena ini akan membantu mereka untuk dapat melakukan aktivitasnya (duduk, berdiri dan berjalan) dengan mandiri walaupun tidak sempurna seperti anak normal. Penderita Cerebral Palsy di Indonesia cukup banyak dan tersebar sehingga intensitas kebutuhan untuk penderita tersebut cukup besar dan ini menjadi peluang bagi desainer untuk mengembangkan produk yang dapat memfasilitasi mereka. Tujuan utama dari penelitian ini adalah merancang sebuah mainan khusus untuk penderita Cerebral Palsy dengan metode observasi mengenai stimulus koordinasi gerak antara tangan dan kaki pada anak yang diterapkan pada sistem mekanisme mainan yaitu seperti electrical bike, observasi antropometri dari penderita juga dibutuhkan untuk menentukan dimensi mainan, bentuk di dapat dari observasi ergonomi anak dengan posisi yang mendukung proses stimulus . Sentuhan akhir pada mainan ini yaitu dengan mengemas visual menjadi menarik yaitu mengkombinasi bentuk futuristic dengan bentuk hewan dan untuk mencapai bentuk tersebut penulis menggunakan material polypropylene (pp) agar mudah dibentuk, ringan dan aman bagi anak. Hasil yang diperoleh dari Tugas Akhir ini yaitu membuat terapi koordinasi gerak menjadi lebih menarik bagi anak-anak dengan menambah fitur pada sistem dan teknik produksi yaitu komposit dengan menggunakan sistem monocoque tetapi tetap mengutamakan fungsi utama yaitu dapat melatih koordinasi gerak anak dengan aman.

Keywords


mainan anak; penderita Cerebral Palsy; stimulus untuk koordinasi gerak tangan dan kaki

References


(sumber: berdasarkan data dinas sosial tahun 2010) (http://thaliettha.blogspot.com/2009/10/penyebab-cacat-bawaan.html) (diakses pada tanggal 7 Oktober 2014)

(http://id.wikipedia.org/wiki/Cacat) (diakses pada tanggal 7 Oktober 2014)

(sumber:hasil pengamatan di Pusat Pelayanan Difabel Yakkum (diakses pada tanggal 7 Oktober 2014)

(http://anakabk.wordpress.com/2013/10/28/jenis-jenis-terapi-okupasi/) (nhs.uk/mayoclinic.com) (diakses pada tanggal 7 Oktober 2014)

(http://rahmadkadaryantok52.wordpress.com/2012/03/20/meningkatkan

-potensi-gerak-anak-cerebral-palsy/) (diakses pada tanggal 13 Oktober 2014)

Soetjiningsih, 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. (diakses pada tanggal 13 Oktober 2014)

Kurniadi, Adi. 2012. Cerebral Palsy. Makalah tidak diterbitkan. Departemen Ilmu Penyakit Saraf Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera (diakses pada tanggal 13 Oktober 2014)

Adnyana, I Made Oka. 1995. Tinjauan Kepustakaan: Cerebral Palsy Ditinjau dari Aspek Neurologis. Jurnal Cermin Dunia Kedokteran No 104. (diakses pada tanggal 13 Oktober 2014)


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.