Perancangan Branding Business to Business KUTT Suka Makmur untuk Meraih Pangsa Pasar Baru

Wahyu Hidayatullah, R. Eka Rizkiantono
Submission Date: 2016-08-08 14:16:24
Accepted Date: 2017-02-01 13:50:32

Abstract


KUTT Suka Makmur adalah perusahaan berbentuk koperasi yang bergerak dalam pengembangan sapi perah yang mempunyai hasil kualitas susu tinggi. KUTT Suka Makmur menyuplai hasil susu mentahnya untuk perusahaan susu ternama di Indonesia namun harga jualnya relatif rendah, sehingga mereka memutuskan untuk menggeser pangsa pasarnya kepada pangsa pasar hotel, restoran, dan katering melalui susu pasteurisasi. Dengan adanya hal tersebut, dibutuhkan adanya strategi branding yang tepat guna meningkatkan daya saing terhadap perusahaan yang telah lebih dulu terjun terhadap calon mitra bisnis. Metode yang dilakukan antara lain melakukan wawancara mendalam, observasi langsung, studi tentang kompetitor dan komparator, serta adapula studi tentang kebutuhan calon mitra bisnis. Hasil dari data yang didapat menghasilkan analisa brand tangible untuk menentukan big idea yang nantinya menjadi patokan terhadap strategi branding business to business KUTT Suka Makmur. Output dari perancangan ini adalah beberapa media yang dapat mendukung strategi branding business to business yang diantaranya identitas visual, company profile, brosur, print ad, video profil, dan website. Beberapa media tersebut memiliki informasi tentang apa yang dibutuhkan oleh pangsa pasar baru KUTT Suka Makmur.

Keywords


KUTT Suka Makmur; Branding Business to Business; Horeca

References


Chiaravalle, Bill & Schenck, Barbara Findlay. 2007. Branding for Dummies. Indiana: Wiley Publishing Inc.

Duncan, Tom, 2005, Principle Of Advertising and IMC, International Edition, Edisi Kedua. New York: McGrawHill.

Kotler, Philip & Pfoertsch, Waldemar. 2006. B2B Brand Management. New Delhi: Springer-Verlag Berlin Heidelberg

KUTT Suka Makmur, 2016, KUTT Suka Makmur Company Profile. Pasuruan

Lerman, Scott. 2013. Building Better Brands. Ohio. HOW Books

Manco, Tristan. 2004. Street Logos. New York. Thames & Hudson

Morioka, Adams. 2004. Logo Design Workbook. Massachusetts: Rockport Publishers Inc.

Ollins, Wally. 2008. The Brand Hand Book. London: Thames & Hudson Ltd

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wheeler, Alina. 2009. Designing Brand Identity. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.