Perancangan Branding Business to Business KUTT Suka Makmur untuk Meraih Pangsa Pasar Baru

Wahyu Hidayatullah, R. Eka Rizkiantono
Submission Date: 2016-08-08 14:16:24
Accepted Date: 2017-02-01 00:00:00

Abstract


KUTT Suka Makmur adalah perusahaan berbentuk koperasi yang bergerak dalam pengembangan sapi perah yang mempunyai hasil kualitas susu tinggi. KUTT Suka Makmur menyuplai hasil susu mentahnya untuk perusahaan susu ternama di Indonesia namun harga jualnya relatif rendah, sehingga mereka memutuskan untuk menggeser pangsa pasarnya kepada pangsa pasar hotel, restoran, dan katering melalui susu pasteurisasi. Dengan adanya hal tersebut, dibutuhkan adanya strategi branding yang tepat guna meningkatkan daya saing terhadap perusahaan yang telah lebih dulu terjun terhadap calon mitra bisnis. Metode yang dilakukan antara lain melakukan wawancara mendalam, observasi langsung, studi tentang kompetitor dan komparator, serta adapula studi tentang kebutuhan calon mitra bisnis. Hasil dari data yang didapat menghasilkan analisa brand tangible untuk menentukan big idea yang nantinya menjadi patokan terhadap strategi branding business to business KUTT Suka Makmur. Output dari perancangan ini adalah beberapa media yang dapat mendukung strategi branding business to business yang diantaranya identitas visual, company profile, brosur, print ad, video profil, dan website. Beberapa media tersebut memiliki informasi tentang apa yang dibutuhkan oleh pangsa pasar baru KUTT Suka Makmur.

Keywords


KUTT Suka Makmur; Branding Business to Business; Horeca

References