Perancangan T-shirt Sebagai Suvenir Kota Surabaya

Mochamad Wildan Setiawan, Raditya Eka Rizkiantono
Submission Date: 2016-08-11 00:51:49
Accepted Date: 2017-02-01 15:52:35

Abstract


Berdasarkan penelitian penulis pada tahun 2013, kepariwisataan Kota Surabaya mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan peningkatan permintaan akan pemenuhan atribut pariwisata, salah satunya adalah kebutuhan dari para wisatawan akan suvenir. Dan berdasarkan penelitian yang sama, ketersediaan ouvenir dan distribusinya dinilai masih kurang memenuhi kebutuhan. Dalam perancangan ini, media yang terpilih untuk menjadi suvenir Kota Surabaya adalah t-shirt. T-shirt adalah salah satu media yang penting dalam suvenir karena merupakan media yang dapat memuat pesan yang lebih leluasa melalui gambar dan tulisan pada desainnya. Setelah melalui proses penelitian, ditentukan konsep utama yang menjadi dasar dalam perancangan t-shirt sebagai suvenir Kota Surabaya. Konsep utama tersebut adalah dengan menampilkan ilustrasi objek keunikan Kota Surabaya dengan gaya gambar monoline yang disertai dengan informasi mengenai objek tersebut. Objek yang diangkat adalah segala hal yang berhubungan dengan keunikan Kota Surabaya seperti profil kota, makanan khas, lanskap, budaya, sejarah, acara rutin dan legenda. Dengan perancangan ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap kebutuhan suvenir khas Kota Surabaya dalam bentuk t-shirt yang layak untuk dijadikan sebagai oleh-oleh sekaligus menjadi media promosi identitas kota secara tidak langsung.


Keywords


T-shirt; Suvenir; Surabaya; Unik

References