Perancangan T-shirt Sebagai Suvenir Kota Surabaya

Mochamad Wildan Setiawan, Raditya Eka Rizkiantono
Submission Date: 2016-08-11 00:51:49
Accepted Date: 2017-02-01 15:52:35

Abstract


Berdasarkan penelitian penulis pada tahun 2013, kepariwisataan Kota Surabaya mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan peningkatan permintaan akan pemenuhan atribut pariwisata, salah satunya adalah kebutuhan dari para wisatawan akan suvenir. Dan berdasarkan penelitian yang sama, ketersediaan ouvenir dan distribusinya dinilai masih kurang memenuhi kebutuhan. Dalam perancangan ini, media yang terpilih untuk menjadi suvenir Kota Surabaya adalah t-shirt. T-shirt adalah salah satu media yang penting dalam suvenir karena merupakan media yang dapat memuat pesan yang lebih leluasa melalui gambar dan tulisan pada desainnya. Setelah melalui proses penelitian, ditentukan konsep utama yang menjadi dasar dalam perancangan t-shirt sebagai suvenir Kota Surabaya. Konsep utama tersebut adalah dengan menampilkan ilustrasi objek keunikan Kota Surabaya dengan gaya gambar monoline yang disertai dengan informasi mengenai objek tersebut. Objek yang diangkat adalah segala hal yang berhubungan dengan keunikan Kota Surabaya seperti profil kota, makanan khas, lanskap, budaya, sejarah, acara rutin dan legenda. Dengan perancangan ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap kebutuhan suvenir khas Kota Surabaya dalam bentuk t-shirt yang layak untuk dijadikan sebagai oleh-oleh sekaligus menjadi media promosi identitas kota secara tidak langsung.


Keywords


T-shirt; Suvenir; Surabaya; Unik

References


Walker, J. R., 2009, Introduction to Hospitality. Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Zullaikha, Ellya & Brereton, Margot, 2011, Innovation Strategies for Developing The Traditional Souvenir Craft Industry. Brisbane, Australia.

Tourism Business Toolkit, Volume 1: A Guide To Understanding Tourism Industry

Collins-Kreiner, Noga & Zins, Yael, 2011, Tourist and Souvenirs - Changes Through Time, Space and Meaning. Department of Geography and Environmental Studies, University of Haifa, Haifa, Israel.

Schluter, Regina G, 1997, The Role of T-Shirts In The Creation of Tourist Destination Images. Buenos Aires, Argentina.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya, 2013, Calendar of Events 2013

Widodo, Dukut Imam, 2008, Hikajat Soerabaia Tempo Doeloe

Purwono, Nanang, 2010, Melacak Jejak Tembok Kota Soerabaia


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.