Audit Ritel Baru : Studi Kasus pada Ritel Seafood Ocean Deli, Jakarta

Nyemas Dinda Ramadhani, Berto Wibawa
Submission Date: 2017-01-19 17:47:49
Accepted Date: 2017-03-17 10:28:10

Abstract


Pertumbuhan industri ritel yang meningkat setiap tahunnya membuat PT Bumi Menara Internusa (PT BMI), perusahaan produsen seafood, berencana membuka toko ritel seafood. Kurangnya informasi tentang konsumen dan kompetitor serta keterbatasan pengalaman di industri ritel menimbulkan kekhawatiran bisnis ini tidak bisa bertahan lama. Maka dari itu, diperlukan adanya penelitian tentang kesiapan manajemen untuk membuka bisnis Ocean Deli. Penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif, bertujuan melakukan audit khusus toko baru guna menganalisis kesiapan Ocean Deli sebelum dibuka. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah new retail audit, dengan jumlah sampel 2 orang dari manajemen yang dipilih dengan teknik purposive sampling dan pengambilan data primer dengan wawancara terstruktur menggunakan pedoman wawancara formulir audit ritel kecil dari teori Berman & Evans (2007). Berdasarkan penelitian ini dihasilkan temuan bahwa penilaian kesiapan yang sudah mencapai 72,7% dan hal-hal yang belum direncanakan disebabkan belum dibukanya toko, tidak memiliki data historis dan belum terpikirkan oleh manajemen. Implikasi manajerial yang dihasilkan dari analisis pada penelitian ini berupa rekomendasi berdasarkan retail strategy mix yang dapat menjadi bahan pertimbangan manajemen dalam pengambilan keputusan.

Keywords


Audit ritel baru; manajemen ritel; ritel seafood

References


Ramdhan, M., & Arifin, T. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Geografis dalam Penilaian. Jurnal Ilmiah Geomatika, 19(2), 141-146.

Maradong, D. S. (2016). Sekretariat Kabinet Republik Indonesia. Retrieved October 3, 2016, from http://setkab.go.id/potensi-besar-perikanan-tangkap-indonesia/.

Berman, B., & Evans, J. R. (2007). Retail Management (11th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Sekretariat Kabinet RI. (2015). http://presidenri.go.id/. Retrieved October 3, 2016, from http://presidenri.go.id/maritim/indonesia-sebagai-poros-maritim-dunia.html.

Levy, M., & Weitz, B. (2007). Retailing Management (8th international edition ed.). Florida: McGraw-Hill.

Kotler, P., & Keller , K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Sekaran, U. (2003). Research Methods for Business (4th ed.). United States: Von Hoffmann Press.

Malhotra, N. K. (2009). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan (4th ed.). Indonesia: Indeks.

Kemenperin. (2016). kemenperin.go.id. Retrieved October 27, 2016, from http://www.kemenperin.go.id/artikel/15543/Tengkulak-di-Balik-Lonjakan-Harga


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.