Studi Identifikasi Program Campus Social Responsibility Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk Meningkatkan Value ITS dan Masyarakat Sekitar

Atika Nur Kiptia, Imam Baihaqi
Submission Date: 2017-01-19 18:47:07
Accepted Date: 2017-03-17 10:28:10

Abstract


Salah satu stakeholders dalam lingkungan perusahaan adalah masyarakat. Masyarakat merupakan lingkungan sosial yang terkena dampak dari keberadaan perusahaan, baik dampak positif maupun negatif. Seiring perkembangan globalisasi saat ini maka perusahaan tak hanya dituntut untuk mendapatkan profit, namun juga kontribusi terhadap masyarakat sekitar atau lebih sering dikenal sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR). Tak hanya perusahaan yang profit oriented, non profit oriented seperti perguruan tinggi juga mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan sosialnya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian study case pada ITS yang bertujuan untuk melakukan studi identifikasi program CSR ITS. Pendekatan yang digunakan adalah Corporate Shared Value (CSV) dengan value chain sebagai tools untuk analisis aktivitas operasional ITS. Sedangkan metode yang digunakan adalah wawancara secara langsung kepada pihak terkait ITS, aparat kelurahan dan tokoh masyarakat sekitar ITS. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat ITS teringkas dalam 4 aspek yaitu pendidikan, lingkungan, manajemen usaha/bisnis dan pengembangan wilayah pesisir. Terdapat 33 alternatif program CSR ITS yang diusulkan. Selain itu juga terdapat 3 sumber pendanaan untuk pembiayaan alternatif program CSR ITS yang telah disusun.

Keywords


corporate shared value; corporate social responsibility; ITS; value chain

References