Studi Identifikasi Program Campus Social Responsibility Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk Meningkatkan Value ITS dan Masyarakat Sekitar

Atika Nur Kiptia, Imam Baihaqi
Submission Date: 2017-01-19 18:47:07
Accepted Date: 2017-03-17 10:28:10

Abstract


Salah satu stakeholders dalam lingkungan perusahaan adalah masyarakat. Masyarakat merupakan lingkungan sosial yang terkena dampak dari keberadaan perusahaan, baik dampak positif maupun negatif. Seiring perkembangan globalisasi saat ini maka perusahaan tak hanya dituntut untuk mendapatkan profit, namun juga kontribusi terhadap masyarakat sekitar atau lebih sering dikenal sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR). Tak hanya perusahaan yang profit oriented, non profit oriented seperti perguruan tinggi juga mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan sosialnya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian study case pada ITS yang bertujuan untuk melakukan studi identifikasi program CSR ITS. Pendekatan yang digunakan adalah Corporate Shared Value (CSV) dengan value chain sebagai tools untuk analisis aktivitas operasional ITS. Sedangkan metode yang digunakan adalah wawancara secara langsung kepada pihak terkait ITS, aparat kelurahan dan tokoh masyarakat sekitar ITS. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat ITS teringkas dalam 4 aspek yaitu pendidikan, lingkungan, manajemen usaha/bisnis dan pengembangan wilayah pesisir. Terdapat 33 alternatif program CSR ITS yang diusulkan. Selain itu juga terdapat 3 sumber pendanaan untuk pembiayaan alternatif program CSR ITS yang telah disusun.

Keywords


corporate shared value; corporate social responsibility; ITS; value chain

References


Hensi, M. (2012). Lingkungan Manajemen, Budaya Perusahaan, Etika Manajerial, dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Hunger, J. D., & Wheelen, T. L. (2011). Strategic Managemen and Business Policy: Toward Business Globalization 13th Edition . Pearson.

Kotler, P., & Lee, N. (2005). Corporate Social Responsibility, Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. Canada: John Wiley & Sons, Inc

Porter, M., & Kramer, M. (2006). Strategy and Society: The Link Between Competitive Advantage and Corporate Social Responsibility. Harvard Business Review 1 December.

Moir, L. (2001). What do we mean by corporate social responsibility? Corporate Governance: The international journal of business in society, Vol. 1 Iss 2 pp. 16 - 22.

Lawrence, A. T. (2008). Business and Society Stakeholders, Ethics, Public Policy. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Porter, M., & Kramer, M. (2011). Creating Shared Value. Harvard Business Review.

Tsai, W., & Hsu, J. (2008). Corporate Social Responsibility Programs Choice and Costs Assesment

Porter, M. (1985). Competitive Advantage, The Free Press. New York.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.