Analisa Faktor-Faktor Keberhasilan Penerapan Budaya Kaizen Pada Perusahaan Manufaktur

Nur Fatimah, Naning Wessiani
Submission Date: 2017-01-20 14:48:48
Accepted Date: 2017-03-17 10:28:10

Abstract


Keberhasilan konsep Kaizen menyebabkan banyak-nya perusahaan yang menerapkan konsep tersebut dewasa ini, terutama perusahaan manufaktur. Namun perusahaan menemui beberapa kendala dalam penerapannya diantaranya adalah pendekatan eksploratif dengan strategi studi kasus pada salah satu perusahaan manufaktur di Sidoaro diterapkan dalam penelitian ini dan adanya penolakan dari karyawan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan pada responden dan selanjutnya diolah dengan membandingkan nilai rata-rata dan standar deviasi responden terhadap masing-masing factor. Dari penelitian ini diketahui bahwa faktor mengenali situasi dan kondisi perusahaan dalam menerapkan budaya Kaizen merupakan faktor yang paling mempengaruhi penerapan budaya Kaizen pada perusahaan karena dari hasil pengolahan data diketahui bahwa faktor tersebut memiliki nilai kemunculan sebesar 36 kali dengan nilai rata-rata tertinggi sebesar 2,716 dan nilai standar deviasi terkecil dengan nilai sebesar 0, 4279. Sedangkan faktor gaya kepemimpinan memiliki nilai kemunculan yang paling rendah yaitu sebanyak 22 kali dengan nilai rata-rata terkecil sebesar 2, 45 dan nilai standar deviasi tersesar yaitu 0, 5441 yang menunjukkan faktor ini merupakan faktor yang kurang mempengaruhi budaya Kaizen pada perusahaan.

Keywords


Budaya Perusahaan; Kaizen; Gaya Kepemimpinan

References