Desain Interior Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Dengan Pemanfaatan Budaya Lokal Modern

Desiree Eriyanti Suprapto, Nanik Rachmaniyah
Submission Date: 2017-01-23 10:27:00
Accepted Date: 2017-03-17 10:28:11

Abstract


Di jaman modern seperti saat ini terjadi fenomena persaingan antar individu di masyarakat agar tidak tertinggal dengan perkembangan arus globalisasi yang sangat pesat. Masyarakat dituntut untuk memiliki skill dan pengetahuan yang luas yang dapat didapat dari internet, buku dan majalah. Kebutuhan akan pendidikan menjadikan sebagai kebutuhan primer bagi masyarakat. Untuk memperoleh pendidikan formal tidak hanya dapat didapatkan di sekolah ataupun dari bimbingan belajar, tetapi dapat diperoleh di perpustakaan. Tetapi sayangnya kesadaran masyarakat kurang meminati pentingnya membaca buku sehingga dibutuhkan perubahan konsep desain pada perpustakaan untuk menarik minat masyarakat untuk datang dan membaca buku. Salah satu yang menjadi daya tarik pengunjung yaitu memberikan fasilitas yang lengkap, area baca semi outdoor dan lain lain. Dalam hal ini dengan penambahan area baca semi outdoor dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi perpustakaan agar pengunjung dapat santai mengerjakan tugas ataupun membaca buku. Terdapat beberapa faktor kenyamanan serta keamanan pada fasilitas pada perpustakaan yang dapat mempengaruhi sisi psikologis pada pengunjung untuk memberikan daya tarik bagi pembacanya. Pemilihan furnitur yang multifungsi dapat meminimalisirkan banyaknya jenis furnitur yang akan memberikan kesan sempit pada ruangan. Metode desain yang digunakan meliputi pengumpulan data yang dilaksanakan secara langsung maupun tidak secara langsung seperti pembagian kuisioner pada pengunjung perpustakaan. Studi pustaka yang diambil banyak didapat dari internet, dan majalah yang berhubungan dengan kontemporer serta mendalami budaya Jawa Timur untuk mendukung konsep perpustakaan yang akan di redesain. Hasil yang diharapkan dari desain interior ini adalah merancang desain interior perpustakaan sebagai sarana edukasi dan hiburan yang dapat meningkatkan minat baca dan kreatifitas masyarakat luas.

Keywords


Kontemporer, Budaya Lokal Jawa Timur, Perpustakaan

References


Saleh. dkk. Pengelolaan Terbitan Berseri. Jakarta: Universitas Terbuka. (1996)

Darmono. Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. (2001)

Sulistiyo Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka. (1993)


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.