PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MITIGASI KEBAKARAN UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR USIA 8-12 TAHUN DI SURABAYA

Firdaus Setyanugrah, Denny Indrayana Setyadi
Submission Date: 2017-01-31 15:10:50
Accepted Date: 2017-03-17 10:28:11

Abstract


Surabaya merupakan satu kota dengan tingkat kejadian kebakaran yang tinggi, dimana minimal hampir setiap satu hari sekali dengan rata-rata 5 hingga 10 kali kebakaran dapat terjadi di setiap sudut kota Surabaya. Pendidikan penanggulangan dan pencegahan bencana sangat diperlukan bagi masyarakat khususnya anak-anak yang menjadi sosok paling rentan jika bencana tersebut terjadi. Perlunya diadakan sebuah pemahaman bagi anak-anak tentang tanggap bahaya kebakaran membuat materi tersebut sudah sewajarnya diberikan untuk anak. Dalam melakukan perancangannya, metodologi yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, depth interview dengan kepala operasional pemadam kebakaran dan juga guru sekolah dasar, serta studi literatur tentang mitigasi kebakaran untuk anak dan juga studi literatur tentang board game. Dengan adanya penelitian menggunakan media board game ini akan menjadi media edukasi tentang pembelajaran mitigasi bagi anak-anak.juga dapat menjadi sarana pengetahuan dan pelatihan kepada anak-anak untuk dapat mengenal dan mencegah kebakaran di lingkungan sekitar

Keywords


media pembelajaran; permainan papan; mitigasi; kebakaran

References


Republik Indonesia 2010 “Surat edaran Kementerian Pendidikan tahun 2010 tentang RAN-PRB”. diakses tanggal 15 Oktober 2015.

Nurjanah dkk. Manajemen Bencana. Bandung: Alfabeta (2012) 19

Susan L. Cutter, Bryan J. Boruff and W. Lynn Shirle, Social Vulnerability to Environmental Hazards. (2003) vol. 84. 244

Rismawati. Menstimulus perkembangan dan kecerdasan otak anak dengan permainan. (2002). Jakarta. 12.

Sadiman, Dr. Arief S., M.Sc. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. (2005) 2-3

Azhar Arsyad. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. (2000) 3.

Sadiman, Dr. Arief S., M.Sc. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta (2006): PT. Raja Grafindo Persada. (2005) 28.

Bramantyo. D. Finance, Risk and Management. Majalah Eksekutif edisi Juni 2006.

Kompas media. “Permainan dan bermain cerdas bagi anak”, edisi majalah tumbuh kembang anak, diakses tanggal 08 maret 2016.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.