Penerapan Text Mining untuk Melakukan Clustering Data Tweet Shopee Indonesia

Dwi Smaradahana Indraloka, Budi Santosa
Submission Date: 2017-07-26 00:14:44
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:17

Abstract


Pelaku bisnis dapat memanfaatkan followers akun Twitter mereka sebagai sarana untuk melakukan advertising. Sebanyak 37,5% pengguna Twitter, menemukan pelaku bisnis baru dikarenakan membaca retweet dari tweet yang dibuat oleh pelaku bisnis tersebut. Dengan mengetahui jenis konten tweet yang banyak dilakukan retweet oleh followers-nya, pelaku bisnis dapat menggunakan jenis konten tweet tersebut sebagai sarana untuk melakukan advertising kepada pengguna Twitter. Dalam penelitian ini, dilakukan penerapan Text Mining untuk melakukan clustering dengan metode K-means pada data tweet Shopee Indonesia untuk mengetahui jenis konten tweet yang banyak dilakukan retweet oleh followers Shopee Indonesia. Hasil yang didapat adalah jenis konten pada klaster yang memiliki jumlah retweet yang tinggi diantaranya tentang kuis berhadiah (klaster 4, klaster 20, dan klaster 28), ulang tahun Shopee Indonesia (klaster 11), dan hobi, kuis, dan lifestyle (klaster 7), sehingga Shopee Indonesia dapat menggunakan jenis konten tweet tersebut sebagai sarana untuk melakukan advertising kepada pengguna Twitter.

Keywords


Advertising; Clustering; K-means;Text Mining; Twitter

References


George, E. B., & Michael, A. B. (2003). Advertising and Promotion: An Marketing Communications Perpective. New York: The McGraw-Hill Companies.

Neti, S. (2011). Social Media and its Role in Marketing. International Journal of Enterprise Computing and Business System , 4.

Kementrian Perdagangan. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementrian Perdagangan RI. Jakarta: Kementrian Perdagangan RI.

Rani, M., & Arora, J. (2016). Twitter Data Predicting Geolocation Using Data Mining Techniques. International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering , 10446.

Twitter. (2016a). Analitika Twitter. Diakses pada 20 Februari 2017, dari Twitter untuk Bisnis: https://business.twitter.com/id/analytics.html

Twitter. (2016b). Company. Diakses pada 14 Maret 2017, dari About-Twitter: https://about.twitter.com/id/company

Twitter. (2016c). Getting Started With Twitter. Diakses pada 14 Maret 2017, dari Twitter Help Center:

Zhao, Y. (2013). R and Data Mining: Examples and Case Studies. Amsterdam: Elsevier.

Feldman, R., & Sanger, J. (2007). The Text Mining Handbook: Advance Approaches in Analyzing Unstructured Data. New York: Cambridge University Press.

Aggarwal, C. C., & Zhai, C. (2012). Mining Text Data. New York: Springer US.

Tjiptono, F. (2005). Brand Management & Strategy Edisi 1. Yogyakarta: Andy Offset.

Manel, J., M.C., J., & Zacharias, S. (2007). Sales Promotion Good or Bad? International Marketing Conference on Marketing & Society .


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.