Pemodelan Kebisingan akibat Aktifitas Pesawat dan Optimalisasi Kebisingan di Bandara Juanda dengan Menggunakan Model Les Frair

Brigita Sance, Mardlijah Mardlijah, Nur Asiyah
Submission Date: 2017-07-26 10:14:28
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:17

Abstract


Abstrak---Kebisingan pada bandar udara akibat aktifitas pesawat terbang banyak ditemui di Indonesia. Banyaknya jumlah permintaan penerbangan dan angkutan barang mengakibatkan berbagai maskapai menambah jumlah penerbangan. Kesibukan penerbangan yang terjadi pada bandara mengakibatkan tingkat kebisingan semakin bertambah. Batasan penerbangan dilakukan untuk meminimalkan kebisingan. Pada studi kasus dalam penelitian ini yaitu Bandar Udara Juanda, jam operasional penerbangan yaitu pada jam 05.00 sampai dengan jam 22.00.

Fungsi W(Ldn) diminimumkan pada titik kritis dengan melakukan pendekatan Taylorp. Tingkat kebisingan yang minimum dibentuk kedalam fungsi Ldn atau batas tingkat kebisingan pada siang dan malam. Penjadwalan penerbangan dimodelkan berdasarkan tingkat kebisingan minimum dan fungsi batas. Penurunan tingkat kebisingan setelah dioptimalkan diketahui dengan menghitung perbandingan indeks dampak kebisingan atau NII sebelum dan sesudah dioptimalkan. Indeks dampak kebisingan mengalami penurunan hingga 42.41569096% tepatnya pada lokasi pengukuran 2, pada hari ke 2.


Keywords


bandara;kebisingan;model matematika

References


http://hubud.dephub.go.id/?id/bandara/index/page:30 diakses tanggal 23 Nopember 2016 pk 10:49 WIB

http://juanda-airport.com/statistik-llau diakses tanggal 25 Januari 2017 pk 13:51 WIB

Chaeran, M. Tesis : Kajian Kebisingan Akibat Aktifitas di Bandara (Studi Kasus Bandara Ahmad Yani Semarang). Semarang : Universitas Diponegoro, 2008

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 4 tahun 2004 tentang “Batas-batas Kawasan Kebisingan di Sekitar Bandar Juanda Surabaya”

Primanda Fahmi B., Pemetaan Kebisingan Akibat Aktifitas Pesawat dengan Software Integrated Noise Model (INM) di Sekitar Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta., Universitas Indonesia, Depok, 2012

Sangsoko D.P, dkk. Kebisingan Lingkungan Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2000

Frair, Les.Airport Noise Modelling and Aircraft Schedulling so as to Minimize Community Annoyance., Virginia Polytechnic Institute and State University, Blacsburg, Virginia, 1983

Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 48 tahun 1996

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 1405/Menkes/SK/XI/2012 tahun 2012 tentang “Persyaratan Lingkungan Kerja Perkantorn dan Industri”

Oakland International Airport Master Plan, Oakland, 2006

U.S Air Force, Luke Air Force Base., United States. 2012

https://www.noisemeters.com/help/faq/frequency-weighting.asp diakses pada 31 Januari 2017 pukul 06.26 WIB


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.