PENGEMBANGAN PRODUK PADA YOUTH SEGMENT DI PT TELEKOMUNIKASI SELULAR INDONESIA

Farah Rusyda Santoso, Imam Baihaqi
Submission Date: 2017-07-28 13:24:13
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:18

Abstract


Youth segment merupakan segment potensial di Indonesia, dimana penggunanya meningkat setiap tahunnya dan persebaran penduduk Indonesia didominasi oleh youth segment. Karena itu penyedia jasa layanan telepon seluler berkompetisi untuk akusisi youth segment. PT Telekomunikasi Selular memiliki brand baru yang digunakan untuk mengakusisi youth segment. Namun brand tersebut belum mampu menjawab keinginan konsumen dilihat dari jumlah market share yang masih sangat kecil. Untuk itu diperlukan pengembangan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen agar PT Telekomunikasi Selular berhasil dalam mengakusisi youth segment. Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan produk PT Telekomunikasi Selular yang sesuai dengan youth segment. Selain itu penelitian ini juga mengidentifikasi keinginan konsumen youth segment pada penggunaan telepon seluler. Penelitian ini berbentuk studi kasus kualitatif dengan menggunakan Value Proposition Design, House of Quality, dan Business Model Canvas. Data didapatkan dengan cara in-depth interview, focused group discussion, kuesioner, wawancara dan pencarian literatur pendukung. Populasi yang dipilih adalah pelajar SMP, SMA dan S1 di Indonesia atau pria maupun wanita dengan rentang usia 13-24 tahun. Adapun penelitian ini berhasil mengidentifikasi perilaku konsumen dan kebutuhan youth segment dalam menggunakan telepon seluler, dimana kegiatan utama konsumen adalah chat, email, video call, voice call secara online dan keinginan utama konsumen adalah internet cepat, kualitas sinyal bagus dan harga yang murah. Hal  yang mengganggu konsumen adalah internet lambat dan harga yang mahal, dan sinyal tidak stabil. Dari analisis tersebut didapatkan bahwa konsep produk LOOP baru berfokus pada kuota yang besar dengan pendekatan komunitas.


Keywords


Value Proposition Design, House of Quality, Business Model Canvas, youth segment

References


Ali, I. (2015, Juni 25).” Positive and Negative Effects of Social Media on Society”. Available: http://www.techbead.com/positive-and-negative-effects-of-social-media-on-society/.

Nielsen. “Survey market share telekomunikasi di Indonesia umur 13-24 tahun” Available: http:www.nielsen.com/.

D’Aveni, R. (2007, November) “mapping your competitive position” Available: http://hbr.org/.

Anderson, J. C., Narus, J. A., & Rossum, W. V. “Customer Value Proposition in Business Markets”. Hardvard Business Review. (2006)

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. “Value Proposition Design”. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. (2014),

Bech, A. C., Hansen, M., & Wienberg, L. (1997). “Application if House of Quality in Translation of Consumer Needs into Sensory Attributes Measurable by Descriptive Sensory Analysis”. Food and Quality Preferrence, 329-346.

Akao, Y., “Quality Function Deployment”. Productivity Press, Cambridge, MA. (1990).

Chesbrough, H., & Rosenbloom, R. S. (2002). “The Role of The Business Model in Capturing Value from Innovation: Evidence from Xerox Corporation's Technology Spin-off Companies”. Industrial and Corporate Change, 529.

Osterwalder, A. (2009, March 17). “The Power of Immersion and Visual Thinking”. Available: Business Model alchemist: http://businessmodelalchemist.com/2009/03/power-of-immersion-and-visual-thinking.html.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. “Business Model Generation”. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. (2010).

[Telkomsel. (2017, Februari 15). “Annual Report Telkomsel” Available: http://www.telkomsel.com/


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.