PENGEMBANGAN PRODUK PADA YOUTH SEGMENT DI PT TELEKOMUNIKASI SELULAR INDONESIA

Farah Rusyda Santoso, Imam Baihaqi
Submission Date: 2017-07-28 13:24:13
Accepted Date: 2017-09-21 00:00:00

Abstract


Youth segment merupakan segment potensial di Indonesia, dimana penggunanya meningkat setiap tahunnya dan persebaran penduduk Indonesia didominasi oleh youth segment. Karena itu penyedia jasa layanan telepon seluler berkompetisi untuk akusisi youth segment. PT Telekomunikasi Selular memiliki brand baru yang digunakan untuk mengakusisi youth segment. Namun brand tersebut belum mampu menjawab keinginan konsumen dilihat dari jumlah market share yang masih sangat kecil. Untuk itu diperlukan pengembangan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen agar PT Telekomunikasi Selular berhasil dalam mengakusisi youth segment. Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan produk PT Telekomunikasi Selular yang sesuai dengan youth segment. Selain itu penelitian ini juga mengidentifikasi keinginan konsumen youth segment pada penggunaan telepon seluler. Penelitian ini berbentuk studi kasus kualitatif dengan menggunakan Value Proposition Design, House of Quality, dan Business Model Canvas. Data didapatkan dengan cara in-depth interview, focused group discussion, kuesioner, wawancara dan pencarian literatur pendukung. Populasi yang dipilih adalah pelajar SMP, SMA dan S1 di Indonesia atau pria maupun wanita dengan rentang usia 13-24 tahun. Adapun penelitian ini berhasil mengidentifikasi perilaku konsumen dan kebutuhan youth segment dalam menggunakan telepon seluler, dimana kegiatan utama konsumen adalah chat, email, video call, voice call secara online dan keinginan utama konsumen adalah internet cepat, kualitas sinyal bagus dan harga yang murah. Hal  yang mengganggu konsumen adalah internet lambat dan harga yang mahal, dan sinyal tidak stabil. Dari analisis tersebut didapatkan bahwa konsep produk LOOP baru berfokus pada kuota yang besar dengan pendekatan komunitas.


Keywords


Value Proposition Design, House of Quality, Business Model Canvas, youth segment

References