Urban Escape: Ruang Publik Pereda Stres Masyarakat Jakarta

Natasha Ayu Haryani, Wahyu Setyawan
Submission Date: 2017-07-28 14:30:03
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:18

Abstract


Jakarta merupakan kota yang berkembang pesat, infrastruktur yang terus berkembang, memicu kepadatan kota yang terus meningkat, seakan tidak menyisakan tempat bagi penduduknya untuk bernafas. Kondisi ini memicu banyak permasalah urban yang baru, yaitu stress.

Terdapat kaitan erat antara ruang dan kesehatan psikologis manusia, bagaimana arsitektur dapat berperan dalam membantu proses penyembuhan kondisi tertentu melalui stimuli yang memicu pelepasan hormon dari otak manusia. Sehingga, dibutuhkan sebuah wadah yang dapat diakses seluruh lapisan masyarakat untuk membantu meredakan stress. Dengan menghadirkan sebuah arsitektur yang berfungsi sebagai ruang publik, diharapkan menjadi langkah yang tepat.

Dengan menggunakan pendekatan healing garden oleh Roger ulrich dipadukan dengan nilai-nilai di dalam buku healing spaces oleh Esther Sternberg, desain akan menekankan konektivitas antara bangunan serta suasana alami baik secara langsung dan tidak langsung. Berbentuk taman kota, desain akan dapat mewadahi beberapa aktivitas dengan suasana tertentu yang dinilai dapat membantu penyembuhan dari sisi psikologis atau pengobatan non medis masyarakat Jakarta.


Keywords


healing gardens; urban stress; natural environment; Ruang Publik

References