Taman Edukatif Rekreatif Jayengrono, Sebuah Ruang bagi Manusia untuk Bertemu

Tuesdayani Sadu, Andy Mappa Jaya
Submission Date: 2017-07-31 11:25:28
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:18

Abstract


Kemajuan teknologi, khususnya pada teknologi gadget membawa dampak bagi kehidupan manusia. Teknologi diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan kehidupan manusia. Disamping dampak positif yang memudahkan manusia, terdapat pula dampak negatif bagi penggunanya. Salah satu dampak negatifnya adalah ketergantungan yang dapat menyebabkan seseorang menjadi individualis dan antisosial. Hal tersebut tidak sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial.

Oleh karena itu manusia membutuhkan sebuah ruang untuk bertemu, yaitu sebuah ruang publik. Bertujuan untuk meningkatkan nilai sosial pada manusia, ruang publik ini juga bertujuan untuk memberikan sarana edukasi serta rekreasi. Perancangan menggunakan pendekatan spirit of place, yang diintegrasikan dengan lokasi tapak yang merupakan lokasi bersejarah.

Objek rancang merupakan sebuah taman untuk mewadahi kegiatan manusia dalam beraktivitas. Dalam perancangannya, teknologi digunakan sebagai media pendukung fungsi taman. Teknologi dihadirkan berupa sebuah galeri interaktif serta area game yang dapat memberikan edukasi serta rekreasi bagi masyarakat.


Keywords


Makhluk Sosial; Manusia; Ruang Rublik; Teknologi

References