Redesain Kawasan Akuatik Kebun Binatang Surabaya

Irviandy Setyanto, Bambang Soemardiono
Submission Date: 2017-08-01 06:07:06
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:19

Abstract


Kebun Binatang Surabaya merupakan kebun binatang kebanggaan masyarakat kota Surabaya. Beberapa tahun terakhir, Kebun Binatang Surabaya mendapat sorotan media publik dalam negeri maupun mancanegara akibat banyaknya hewan yang mati akibat kondisi kebun binatang yang memprihatinkan. Kondisi kandangyang tidak terawat, banyaknya hewan dalam satu kandang, dan sistem sirkulasi perawatan yang tidak teratur yang menjadikan faktor penyebab kematian hewan.

Kota Surabaya yang merupakan daerah pesisir pantai mempunyai potensi untuk memaksimalkan aspek wisata yang mengangkat dalam bidang akuatik. Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang mempunyai rencana untuk mendesain ulang dan merenovasi beberapa titik kebun binatang Surabaya, diantaranya yaitu bagian Akuarium Kebun Binatang Surabaya dan lingkungan di sekitarnya.

Dalam hal proses merancang, menggunakan metode Architectural Programming oleh Donna P. Duerk. Metode ini merupakan metode pemrograman arsitektur berbasis isu. Dengan isu yang diambil yaitu isu sirkulasi Kebun Binatang Surabaya. Perlu adanya penyegaran kembali Kebun Binatang Surabaya dengan melakukan desain ulang berdasarkan isu dan permasalahan yang ada.

Dari isu dan permasalahan yang ada sehingga menghasilkan sebuah rancangan arsitektur yang juga diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan dan menghidupkan kembali geliat Kebun Binatang Surabaya sehingga menarik pengunjungagar datang kembali untuk menikmati pesona Kebun Binatang Surabayayang mulai pudar beberapa tahun belakang.

 


Keywords


akuarium; akuatik; kebun binatang; redesain; sirkulasi

References