Desain Interior Kantor PT. Terminal Teluk Lamong dengan Konsep Green Port Modern untuk Meningkatkan Profesionalisme Kerja

Bella Paramastri
Submission Date: 2017-08-02 19:37:58
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:19

Abstract


Kantor merupakan salah satu sarana yang paling penting bagi sebuah perusahaan. Penataan ruang yang baik pada sebuah kantor, dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna kantor, terutama karyawan, sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja. Selain itu, dengan perancangan desain interior yang baik dan sesuai dengan citra perusahaan, maka dapat meningkatkan nilai sebuah perusahaan. Saat ini, terdapat banyak perusahaan yang bergerak pada bidang terminal peti kemas di Surabaya. Salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang terminal peti kemas adalah PT. Terminal Teluk Lamong, yang merupakan anak perusahaan dari PT. Pelindo III, sebagai salah satu pelabuhan internasional yang siap menjadi pintu masuk dan keluar pelaku ekonomi di Jawa Timur dan Indonesia bagian timur.

Maka dari itu, diperlukan perancangan desain interior kantor PT. Terminal Teluk Lamong yang sesuai dengan visi, misi, dan corporate image perusahaan, serta efisiensi atau pemanfaatan ruang untuk memaksimalkan fungsi ruang. Selain itu, penggabungan beberapa elemen interior agar menciptakan sebuah desain interior yang dapat memberikan kenyamanan, serta mencerminkan semangat transparansi untuk ethos kerja yang inovatif, efisien, dan jujur, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme kerja karyawan PT. Terminal Teluk Lamong.

Perancangan desain interior kantor dengan konsep green port modern, dapat meningkatkan citra perusahaan. Dengan penerapan konsep berbasis ‘green design’ pada desain interior kantor, dapat membantu pencapaian visual norma ‘green port’ yang merupakan citra perusahaan PT. Terminal Teluk Lamong, dengan mengutamakan faktor keramahan terhadap lingkungan. Dipadukan dengan konsep modern, dengan ciri-ciri utama, yaitu form follow function, dapat menjadikan kantor PT. Terminal Teluk Lamong sebagai tempat kerja yang profesional.


Keywords


PT. Terminal Teluk Lamong; Desain Interior; Kantor; Green-design; Modern

References