Desain Interior “Restoran Bebek Sinjay Madura” Berkonsep Tradisional dengan Pendekatan Budaya Madura

Afridatul Auliyah, Budiono Budiono
Submission Date: 2017-08-03 09:53:43
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:19

Abstract


Bisnis restoran di Pulau Madura mulai berkembang khususnya Restoran yang menyajikan menu bebek, Restoran Bebek Sinjay merupakan salah satu restoran bebek yang berasal dari Madura yang saat ini mulai mengembangkan bisnisnya dengan membuka cabang. Namun, perkembangan bisnis restoran ini tidak didukung dengan perbaikan fasilitas restoran. Masalah lain yang penulis temukan pada restoran Bebek Sinjay yaitu tidak adanya karakteristik khusus yang menunjukkan ciri khas restoran dan tidak terciptanya privasi antar kelompok pengunjung.dari beberapa masalah yang ditemukan maka disusun metode desain.

Metode desain dalam hal ini dapat dilakukan melalui dua tahap yaitu pengumpulan data dan tahap analisa data. Tahap pengumpulan data berupa observasi (wawancara karyawan, kuisioner online untuk pelanggan, dan survey restoran Bebek Sinjay) dan studi literatur. Untuk tahap analisa meliputi studi eksisting berupa analisa aktivitas dan kebiasaan pengunjung, kebutuhan ruang, studi pembanding, sirkulasi, corporate image, dan fasilitas.

Dari pengolahan data dan analisa tersebut diharapkan dapat menghasilkan sebuah desain interior restoran yang nyaman dan memiliki ciri khas sebagai restoran yang berasal dari Madura dengan mengangkat budaya Madura sehingga dapat menarik pengunjung sekaligus dapat menambah manfaat dan edukasi bagi masyarakat.


Keywords


Budaya Madura; Interior restoran; Restoran Bebek Sinjay

References