Desain Interior Kapal Navigasi S-126 Untuk Meningkatkan Kualitas Keamanan, Kenyamanan, dan Memenuhi Standard Kode Kapal Yang Berlaku.

Muthia Nur Amalina, Thomas Ari Kristianto
Submission Date: 2017-08-03 11:23:36
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:19

Abstract


Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, yang memiliki 17.504 pulau yang membentang dari Sabang sampai Meraoke dengan panjang garis pantai kurang lebih 81.000 Km serta luas wilayah laut sekitar 5,9 juta Km². Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektifitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta fokus pada keamanan maritim.

Kapal perambuan dinilai sangat penting untuk mendukung upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran. Fungsi dan tugasnya sangat penting agar Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) tetap berkinerja baik dan andal. Kapal induk perambuan merupakan kapal negara kenavigasian yang memiliki fungsi untuk memasang pelampung suar serta melakukan pengangkutan dan pengangkatan. Selain itu, kapal perambuan disiapkan untuk berbagai aktivitas di menara suar..

Dengan penjelasan diatas, penulis melihat besarnya peran desain interior dalam ikut serta membantu berkembangnya kapal kenavigasian di Indonesia, dengan tujuan meningkatkan kualitas keamanan kenyamanan dalam kapal, dan memenuhi standard kode kapal yang berlaku. Dengan meningkatnya kualitas desain interior yang mempengaruhi penggunanya, dapat meningkatkan kualitas hidup penggunanya juga. Selain itu, dengan karya Tugas Akhir ini penulis berharap dapat menginspirasi untuk perkembangan desain interior kapal kelas I kenavigasian di Indonesia.


Keywords


Kapal Navigasi; Standard kualitas; kemanan; kenyamanan; useful; low maintenance

References


Direktorat Kenavigasian, D. J. (2016). SPESIFIKASI TEKNIS KAPAL KELAS I KENAVIGASIAN. Indonesia.

HUBLA, D. (2016, 07 16). Hublapedia. Diambil kembali dari DIRJEN HUBLA RESMIKAN PELUNCURAN 2 KAPAL KENAVIGASIAN: http://hubla.dephub.go.id/berita/Pages/DIRJEN-HUBLA-RESMIKAN-

PELUNCURAN-2-KAPAL-KENAVIGASIAN.aspx

Kristianto, T. A. (2009). Rancangan Ruang Praktik Nyaman Dari Aspek Desain Interior. Jurnal Desain Interior, 12.

Lovely Lady, P. M. (2014). Kajian Kecelakaan Kapal di Pelabuhan Banten Menggunakan Human Factors Analysis and Classification System (HFACS). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 46-47.

Sanjaya, R. (2012, April 1). Teknologi Kelautan. Diambil kembali dari DASAR ATURAN MENGENAI GETARAN DAN KEBISINGAN DI KAPAL: http://navale-engineering.blogspot.co.id/2012/04/dasar-aturan- mengenai-getaran-dan.html

World, M. (2010). Belajar dan Berbagi Informasi Pelayaran. Diambil kembali dari Hukum Maritim : http://www.maritimeworld.web.id/2010/11/peraturan-safety-of-life-at- sea-solas.html

Humas Laut. (2016). Dirjen Hubla Resmikan Peluncuran 2 Kapal Kenavigasiandirjen Hubla Resmikan Peluncuran 2 Kapal Kenavigasian. [Online].Tersedia:http://hubla.dephub.go.id/berita/Pages/DIRJEN- HUBLA-RESMIKAN-PELUNCURAN-2-KAPAL- KENAVIGASIAN.aspx[10 Desember 2016].


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.