Desain Interior Budget Hotel untuk Backpacker dengan Konsep Persahabatan Asia

Fajar Nuur Alfie Rahma, Thomas Ari Kristianto
Submission Date: 2017-08-03 11:59:23
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:19

Abstract


Desain interior hotel merupakan salah satu disiplin yang bertumpu pada penciptaan sebuah lingkungan dimana para tamu disambut dan disediakan fasilitas untuk beristirahat dan bersantai. Saat ini kebutuhan akomodasi yang praktis dan murah bagi para wisatawan yang melakukan liburan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang melakukan perjalanan dengan cara backpacker. Budget hotel merupakan jenis tempat menginap yang relatif lebih murah dan menyediakan fasilitas yang digunakan secara bersamaan oleh seluruh penghuni.

Pengambilan konsep persahabatan ini sesuai dengan prinsip pendirian budget hotel, yaitu lebih mengedepankan prinsip saling bersosialisasi antar sesama. Konsep ini diciptakan agar sosialisasi dapat terlaksana dengan nyaman dan hangat. Pengaplikasian konsep terletak pada furnitur dan penataan layout ruang. Sedangkan tema Asia dipilih karena menciptakan kesan interior yang hangat. Dan juga menampilkan ciri-ciri khas beberapa negara Asia namun dengan bentukan yang modern. Sehingga pengumpulan karakteristik tersebut dapat membantu menonjolkan konsep persahabatan yang diambil.

Pengaplikasian ciri khas Asia yang kuat dapat dilihat dari budaya makan di negara Jepang yaitu lesehan. Namun agar lebih modern, kursi untuk lesehan didesain dengan dudukan tanpa alas kaki. Selain itu, ciri khas lainnya yang digunakan ialah motif kerawangan, plafon lengkung khas Arab, lantai tegel dan motif kawung khas Indonesia. Untuk memunculkan kesan Indonesia yang kuat yaitu dengan memayoritaskan bentuk kawung pada beberapa area. Pengaplikasian ciri-ciri khas beberapa negara Asia yang dipilih menggunakan bentukan yang lebih modern, sehingga nuansa interior ruang terlihat lebih bersih.


Keywords


Desain Interior; Budget Hotel; Backpacker; Konsep.

References