Perancangan Buku Digital Interaktif sebagai Upaya Edukasi Jajanan Aman untuk Anak Sekolah Dasar Usia 7-9 Tahun

Annela Dhona Febrylian, Denny Indrayana Setyadi
Submission Date: 2017-08-08 11:55:41
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:20

Abstract


Pada masa sekarang ini, anak-anak sekolah dasar cenderung tertarik pada makanan jajanan yang memiliki warna, rasa dan bentuk yang menarik, namun jajanan tersebut belum tentu mengandung bahan yang aman dan sehat. Makanan jajanan sering dijumpai pada penjual di pinggir jalan, khususnya di sekitar sekolah dan jajanan di minimarket. Banyaknya jajanan yang tergolong tidak aman menimbulkan keresahan para orangtua. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menggalakkan beberapa edukasi jajanan pada berbagai media. Didukung oleh perkembangan teknologi dan informasi media pembelajaran yaitu aplikasi mobile, maka dirancang sebuah buku cerita interaktif berbentuk aplikasi mobile untuk anak sekolah dasar usia 7-9 tahun. Perancangan ini digunakan oleh anak sekolah dasar agar pemahaman anak tentang jajanan aman dapat disajikan secara menarik dan menyenangkan.

Proses  perancangan buku digital interaktif dimulai dengan penggalian data primer dari beberapa stakeholder. Data tersebut diterjemahkan dalam kebutuhan yang menyangkut pesan edukasi jajanan aman. Metode penyampaian pesan visual didapatkan dengan mengkomparasikan sejumlah aplikasi eksisting yang sedang marak digunakan oleh anak-anak. Hasil komparasi diterjemahkan dengan berbagai literatur guna dijadikan inspirasi pembentukan karakter dan konten aplikasi. Selanjutnya, proses prototyping diselesaikan dan diujicobakan dalam metode usability testing. Kesimpulan dari usability testing dijadikan sebagai rekomendasi dan penelitian. Hasil konsep (output) dari perancangan ini berupa buku digital interaktif yang terdiri dari tiga chapter, cerita dengan teks narasi, animasi yang menarik, suara narasi dan musik pendukung cerita, kotak indeks penjelasan kata-kata sulit, serta highlight scene pada setiap chapter yang berisi penekanan pesan adegan kunci. Adanya fitur interaktif pada buku digital ini, akan mendukung konten menjadi lebih berkesan serta dapat meningkatkan imajinasi bagi pembaca.

Keywords


edukasi; buku digital interaktif; jajanan aman; anak usia 7-9 tahun

References


“Inilah Zat-zat Berbahaya di Jajanan Sekolah”. Kompasiana.com. Diunduh 2 Oktober 2016.

“Jajanan Anak Paling Berbahaya Versi BPOM”. M.tempo.co. Diunduh 21 September 2016.

“Infodatin-Situasi Pangan Jajanan Anak Sekolah.” www.depkes.go.id. Diunduh 3Oktober 2016.

Ideo, Watiek. 2016. Wawancara tentang “Media Edukasi Cerita Interaktif yang Tepat untuk Anak Sekolah Dasar” di rumah Jl.Delta Sari Indah Blok O no. 50, Waru, Sidoarjo.

“Peranan Multimedia dan Alat Peraga dalam Pembelajaran”. Kompasiana.com. Diunduh 30 Juli 2017.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.