Perancangan Buku Digital Interaktif sebagai Upaya Edukasi Jajanan Aman untuk Anak Sekolah Dasar Usia 7-9 Tahun

Annela Dhona Febrylian, Denny Indrayana Setyadi
Submission Date: 2017-08-08 11:55:41
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:20

Abstract


Pada masa sekarang ini, anak-anak sekolah dasar cenderung tertarik pada makanan jajanan yang memiliki warna, rasa dan bentuk yang menarik, namun jajanan tersebut belum tentu mengandung bahan yang aman dan sehat. Makanan jajanan sering dijumpai pada penjual di pinggir jalan, khususnya di sekitar sekolah dan jajanan di minimarket. Banyaknya jajanan yang tergolong tidak aman menimbulkan keresahan para orangtua. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menggalakkan beberapa edukasi jajanan pada berbagai media. Didukung oleh perkembangan teknologi dan informasi media pembelajaran yaitu aplikasi mobile, maka dirancang sebuah buku cerita interaktif berbentuk aplikasi mobile untuk anak sekolah dasar usia 7-9 tahun. Perancangan ini digunakan oleh anak sekolah dasar agar pemahaman anak tentang jajanan aman dapat disajikan secara menarik dan menyenangkan.

Proses  perancangan buku digital interaktif dimulai dengan penggalian data primer dari beberapa stakeholder. Data tersebut diterjemahkan dalam kebutuhan yang menyangkut pesan edukasi jajanan aman. Metode penyampaian pesan visual didapatkan dengan mengkomparasikan sejumlah aplikasi eksisting yang sedang marak digunakan oleh anak-anak. Hasil komparasi diterjemahkan dengan berbagai literatur guna dijadikan inspirasi pembentukan karakter dan konten aplikasi. Selanjutnya, proses prototyping diselesaikan dan diujicobakan dalam metode usability testing. Kesimpulan dari usability testing dijadikan sebagai rekomendasi dan penelitian. Hasil konsep (output) dari perancangan ini berupa buku digital interaktif yang terdiri dari tiga chapter, cerita dengan teks narasi, animasi yang menarik, suara narasi dan musik pendukung cerita, kotak indeks penjelasan kata-kata sulit, serta highlight scene pada setiap chapter yang berisi penekanan pesan adegan kunci. Adanya fitur interaktif pada buku digital ini, akan mendukung konten menjadi lebih berkesan serta dapat meningkatkan imajinasi bagi pembaca.

Keywords


edukasi; buku digital interaktif; jajanan aman; anak usia 7-9 tahun

References