Desain Interior Kereta Api Eksekutif Plus dengan Menerapkan Tema Interior Clean Design

Jajang Wicaksono, Andhika Estiyono
Submission Date: 2017-08-10 21:35:01
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:20

Abstract


Realisasi peningkatan standarisasi kelas kereta api di Indonesia sudah mulai berjalan. Salah satu kelas yang sudah mengalami peningkatan standarisasi adalah kelas ekonomi menjadi ekonomi plus. Peningkatan standarisasi dilakukan dengan mereduksi jumlah penumpang dalam satu kereta dari 106 menjadi 80 kursi. Dalam jangka panjang nantinya semua kelas kereta api di Indonesia akan mengalami peningkatan standarisasi, tidak terkecuali dengan kelas eksekutif menjadi eksekutif plus. Aspek kenyamanan, keselamatan, serta estetika merupakan fokus utama dalam konsep desain kereta eksekutif plus ini. Perancangan ditujukan sebagai sajian alternatif desain interior kereta api eksekutif plus yang baru. Konsep interior pesawat terbang akan dijadikan rolemodel dalam perancangan interior kereta api eksekutif plus. Gaya desain merujuk pada tren kereta modern, simpel, dan futuristik. Kehadiran kereta api kelas eksekutif plus yang baru diharapkan mampu meningkatkan antusiasme publik terhadap penggunaan transportasi massal untuk jarak jauh khususnya pada kereta api.

Keywords


desain interior; kereta api; eksekutif plus

References


Adi Suprayitno., 2015., DESAIN CARBODY EKSTERIOR DAN INTERIOR TRAMWAYSEBAGAI IKON ANGKUTAN MASSAL CEPAT KOTA SURABAYA., SURABAYA.

Andayani, W. (2010). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Pada PT. Kereta Api (Persero) DAOP 8 Surabaya). WACANA, Jurnal Sosial dan Humaniora, 13(1), 29-43.

Hermawan Okava Yuwansa., 2015., PENGAMBANGAN DESAIN LAYOUT, SEAT, DAN HANDEL KRDI MADIUN JAYA EKSPRESS AC DENGAN KONSEP FUTURISTIK., SURABAYA.

Tristiyono, B. (2009). Desain Interior Kereta Api Kelas Eksekutif Generasi Terbaru Dengan Konsep Modular. Jurnal IDEA. Surabaya.

Kottenhoff, K. (1998). Passenger train design for increased competitiveness. Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board, (1623), 144-151.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.