Desain Sepeda Listrik sebagai Sarana Penunjang Mobilitas Staff Industri Pabrik PT. INKA

Salvian Ilham Prayoga, Bambang Iskandriawan
Submission Date: 2017-08-15 20:33:25
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:20

Abstract


Sepeda merupakan alat transportasi yang paling mudah ditemui dimana saja, selain itu sepeda digunakan sebagai transportasi yang ramah lingkungan serta memiliki jenis yang bermacam – macam salah satunya sepeda listrik. Saat ini sepeda listrik mulai marak dikembangkan sebagai alternatif kendaraan yang ramah lingkungan dan efisien. PT. INKA selaku industri dengan penggunaan sepeda untuk mobilitas dalam lokasi pabrik berpotensi memanfaatkan teknologi sepeda yang lebih cepat dengan tenaga minim. Dengan adanya desain sepeda listrik yang memiliki spesifikasi sesuai kebutuhan PT. INKA tentu dapat meningkatkan efisiensi mobilitas dalam industri pabrik.

Dalam hal ini metode yang dilakukan adalah menentukan jenis sepeda,yang sesuai medan dan jarak antar gedung yang ada di PT. INKA. Selanjutnya proses desain dan prototyping desain sepeda untuk diuji coba sehingga layak digunakan, seluruh tahap tersebut bertujuan untuk mendapatkan konsep desain sepeda listrik yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan pengguna di PT. INKA sebagai upaya meningkatkan efisiensi.

Konsep desain yang diambil untuk sepeda listrik PT.INKA adalah robust, multifungsi serta compact dan merepresentasikan brand INKA. Hasil desain yang menjadi prototype diharapkan mampu menjadi salah satu sarana guna meningkatkan produktifitas dan efektifitas para pengguna di PT.INKA serta dapat menjadi stimulus perusahaan yang memiliki karakteristik seperti PT.INKA guna menambah sarana transportasi dalam upaya meningkatkan produktifitas pekerja.

 


Keywords


Sepeda listrik; PT. INKA; sharing bike; transportasi pabrik

References


Saloka, LA. (2015). Pengembangan Desain City Bike Dengan Mesin Elektrik Sebagai Sarana Penunjang Aktivitas Remaja Di Perkotaan Yang Dapat Diproduksi UKM Lokal

Iskandriawan, B. and Jatmiko, (2014), The Development of Bicycle into Trandem: The Bike Can be used as Tandem or Single Depend of The Necessity. Applied Mechanics and Material. Vol. 607, pp.920-925

Kurniawan, A. (2014). Desain Sepeda Listrik Berbasis Roda 20 Inchi, Studi Kasus: Sepeda Kampus Institut Teknologi Bandung

Iskandriawan, B., Jatmiko, Ustazah, E.N., Hawari, F., 2017, Tandem Bike Design for Apartment Residents as An Idea to Reduce Air Pollution. MATEC Web of Conferences 101, 03017, DOI: 10.1051/matecconf/201710103017

Panero, Julius. & Martin Zelnik. (2003). Dimensi Manusia dan Ruang Interior, Erlangga


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.