Desain Sepeda Kota dengan konsep Folding Bike untuk Ruang Penyimpanan Terbatas dengan Pengguna Mobilitas Tinggi

Anisa Khoirun Nisa, Bambang Iskandriawan
Submission Date: 2017-08-16 08:45:18
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:20

Abstract


Saat ini gaya hidup bukan hanya berkaitan dengan produk styling tetapi produk fungsional seperti halnya transportasi pun sudah bergeser kearah pengaruh gaya hidup dalam penggunaannya, hal tersebut terlihat pada aktivitas kegiatan sepeda saat ini yang hanya digunakan untuk kebutuhanjarak dekat, olahraga, berkumpul bersama teman dan keluarga atau dijadikan sebagai hobi dan sebagai media untuk mengembangkan minat dan pendekatan sosial. Hal tersebut dapat dilihat pada masyarakat terutama yang tinggal di kota besar yang didukung dengan adanya aktivitas dan kegiatan pendukung yang diadakan oleh pemerintah maupun instansi seperti lomba, sepeda santai,car free day. Tidak hanya itu program progam pemerintah yang mendukung peenggunaan sepeda, pengurangan polusi, dan kemacetan dengan dilihat dari perkembangan alat transportasi umum yang terus ditingkatkan dengan upaya agar masyarakat perkotaan yang memiliki aktifitas yang dinamis dapat beralih pada alat transportasi umum. Dengan upaya pemerintah tersebut maka perlu didukung dengan kebutuhan pengguna sepeda dalam menggunakan alat transportasi umumatau fasilitas umum lainnya.

Dengan adanya fenomena dan potensi kedepannya maka dibutuhkan sepeda yang dapat menunjang aktifitas dan kebutuhan pengguna di perkotaan dengan aktifitas yang dinamis dan mobilitas tinggi.Sepeda tersebut harus memenuhi aspek kebutuhan pengguna seperti, sepeda yang ringkas untuk dibawa dan dipindahkan dalam kendaraan umum atau kebutuhan lainnya, ringan untuk mempermudah pengguna dalam membawa, compact untuk mempermudah pengguna untuk memaksimalkan ruang terbatas. Dari ketiga konsep yang sesuai dengan kebutuhan pengguna maka ditemukan desain sepeda untuk diperkotaan dengan ruang penyimpanan terbatas untuk pengguna mobilitas tinggi


Keywords


Sepeda; perkotaan; mobilitas tinggi; ringkas; compact

References


. Kurniawa, D, & Tritiyono, B. Desain Sepeda Kampus Sebagai Sarana Penunjang Mobilitas Mahasiswa di Dalam Kampus, Studi Kasus : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

. Iskandriawan, B., Jatmiko, Ustazah, E.N., Hawari, F., 2017, Tandem Bike Design for Apartment Residents as An Idea to Reduce Air Pollution. MATEC Web of Conferences 101, 03017, DOI: 10.1051/matecconf/201710103017

. Saloka, LA. (2015). PENGEMBANGAN DESAIN CITY BIKE DENGANMESIN ELEKTRIK SEBAGAI SARANA PENUNJANG AKTIVITAS REMAJA DI PERKOTAAN YANG DAPAT DIPRODUKSI UKM LOKAL.

. Iskandriawan, B., 2014, Split Air Conditioning Selection of Apartment Unit around Jabodetabek Area to Enhance COPc. International Journal of Applied Engineering Research. Vol. 9, No. 19, pp.6277- 6290

. Iskandriawan, B. and Jatmiko, 2014, The Development of Bicycle into Trandem: The Bike Can be used as Tandem or Single Depend of The Necessity. Applied Mechanics and Material. Vol. 607, pp.920-925


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.