Desain Amplifier Gitar Berbasis Material Rotan

Farhannurmaris Karel Saputra, Agus Windharto
Submission Date: 2017-08-17 19:25:45
Accepted Date: 2017-12-31 15:38:20

Abstract


Indonesia merupakan negara penghasil rotan terbesar di dunia, diperkirakan 85% bahan baku rotan di seluruh dunia dihasilkan oleh Indonesia . Kekayaan material rotan kurang dimanfaatkan oleh negeri sendiri, meskipun telah ada kebijakan pemerintah yang melarang ekspor bahan baku rotan. Tingginya minat dari pasar terhadap produk rotan membuat banyaknya upaya inovasi dan eksplorasi yang dilakukan pada material rotan itu sendiri tidak hanya menjadikan produk furnitur tetapi juga menjadi produk yang lain.

Alat musik yang kebanyakan menggunakan bahan kayu, dapat menjadi produk desain yang inovatif dengan rotan sebagai bahan alternatif pengganti kayu. Beberapa alat musik yang memungkinkan di eksplor dengan material rotan diantaranya gitar, bass, drum, dan amplifier. Keberadaan pengrajin amplifier lokal dengan skala kecil atau rumahan hingga industri menengah perlu diberikan apresiasi. Maka perlu dilakukan upcycle dari amplifier lokal guna meningkatkan inovasi produk.

Pada akhir penelitian ini, dihasilkan beberapa varian desain baik dari segi bentuk maupun ukuran dari amplifier berbahan dasar rotan. Desain baru yang dihasilkan memberikan kesan baru dari segi desain dan memiliki komposisi bentuk baru yang tergolong menarik secara pasar.

 


Keywords


Rotan; Amplifier Gitar; Innovation Product

References