Merepresentasikan Kejutan sebagai Tema dalam Rancangan Galeri Kuliner di Kawasan Tunjungan Surabaya

Yuli Indri Ani, Dwi Hariadi
Submission Date: 2013-07-18 10:48:04
Accepted Date: 2013-09-01 00:00:00

Abstract


Globalisasi menyebabkan perkembangan di segala bidang tanpa terkecuali bidang kuliner. Di sisi lain, produksi makanan lokal dan regional serta tradisi memasak dan makan bersama semakin menghilang. Masyarakat lebih memilih makanan cepat saji yang didominasi produk makanan dari luar negeri. Kuliner khas Jawa Timur semakin lama semakin terdesak dan beberapa bahkan menghilang. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam melestarikan kuliner Jawa Timur serta kurangnya perhatian dari pemerintah merupakan penyebab semakin memudarnya kuliner khas Jawa Timur. Dengan adanya Galeri Kuliner Khas Jawa Timur ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana yang dapat mewadahi kegiatan kuliner khususnya kuliner Jawa Timur.Dalam kaitannya dengan spesifikasi objek rancangan berupa sebuah galeri kuliner yang mewadahi beragam kegiatan yang berhubungan dengan kuliner, tema kejutan dipilih karena melihat menjamurnya bisnis kuliner saat ini sehingga diperlukan konsep yang berbeda dan unik sehingga Galeri Kuliner tetap dapat dikunjungi. Kejutan sendiri dapat diperoleh dari sesuatu yang berbeda atau diluar hal dari biasanya. Sesuatu di luar hal yang biasa dalam arsitektur adalah sesuatu yang berbeda. Perbedaan yang muncul bisa dari ukuran, orientasi, lokasi, tampang, konfigurasi, warna, bahan dan tekstur. Kejutan juga dapat terjadi karena perubahan suasana secara tiba-tiba. Definisi tersebut berusaha direpresentasikan dalam rancangan Galeri Kuliner melalui berbagai aspek arsitektural, sehingga objek rancang dapat hadir sebagai sesuatu yang berbeda dan baru. Konteks lingkungan yang berada di Tunjungan yang merupakan kawasan cagar budaya menjadi tantangan tersendiri dalam proses merancang. Karena kawasan Tunjungan memiliki keterikatan yang sangat jelas terhadap aspek kesejarahannya

Keywords


kuliner; Jawa Timur; kejutan; Tunjungan

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.