Analisis Pengendalian Kualitas pada Proses Pengemasan Portland Pozzolan Cement (PPC) di PT Semen Gresik (Persero), Tbk. Pabrik Tuban

Rizky Nanda Ghifari, Agus Suharsono, Novri Suhermi
Submission Date: 2018-08-01 17:04:33
Accepted Date: 2019-02-09 00:00:00

Abstract


Persaingan antar negara produsen semakin tinggi dan demikian pula dengan tuntutan konsumen akan mutu produk yang konsisten. Peningkatan produktivitas dan mutu diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan daya saing di pasar dunia, serta mampu memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat. Pengendalian kualitas merupakan kegiatan yang terpadu dalam perusahaan untuk menjaga dan mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan agar dapat berjalan baik dan sesuai standar yang ditetapkan. Salah satu perusahaan semen milik negara adalah PT Semen Gresik (Persero), Tbk. Salah satu tahapan proses produksi semen yaitu proses pengemasan semen di seksi Packer and Port yang selama ini sudah melakukan pengendalian kualitas dengan cara cukup sederhana yaitu pie chart. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap hari masih didapatkan kantong semen Portland Pozzoland atau Portland Pozzoland Cement (PPC) yang pecah pada saat proses pengemasan semen. Analisis yang digunakan yaitu diagram Laney p', level sigma, dan diagram ishikawa. Datafase satu yang digunakan adalah data release dan pecah bag PPC 40kg dan 50 kg di proyek Tuban 4 tanggal 1 Januari hingga21 Juni 2017, di mana hasilnya diagram Laney p'fase satu yang telah terkendali secara statistik memiliki rata-rata proporsi kantong PPC pecah sebesar 0,00161 dan fase dua belum terkendali sebesar 0,00161 dengan level sigma yaitu sebesar 4,77-sigma. Penyebab terjadinya kantong PPC pecah saat proses pengemasan semen adalah kualitas bahan baku yang belum baik, operator kurang teliti, pengeleman kantong yang masih basah atau kurang sempurna, lingkungan yang lembap, dan keadaan mesin yang sudah aus.

Keywords


Diagram Laney p'; Pecah Kantong PPC; Pengendalian Kualitas; Portland Pozzolan Cement (PPC)

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.