Perancangan Komik Edukasi Industri Kimia Sebagai Media Pengantar untuk Mahasiswa Baru Teknik Kimia

Hedi Amelia Bella Cintya, Sayatman Sayatman
Submission Date: 2018-08-02 14:16:43
Accepted Date: 2019-02-25 00:00:00

Abstract


Industri Proses Kimia adalah ilmu industri yang mengolah bahan baku menjadi suatu hasil atau produk dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Di ITS terdapat pula mata kuliah yang mempelajari Industri proses kimia, yaitu Pengantar Industri kimia. Kendala yang ada, buku-buku referensi untuk mata kuliah Pengantar Industri Kimia ini minim visual dan dominan dengan rumus, huruf, serta angka dalam berates-ratus halaman. Dibutuhkan sebuah media yang menyenangkan dan dapat memacu motivasi belajar. Dari wawancara yang dilakukan penulis, beberapa mahasiswa mengaku kesulitan memahami materi dengan buku-buku tersebut. Hal ini juga berpotensi menimbulkan kesan bahwa ilmu industri kimia susah dipahami, dan minat terhadap ilmu kimia bisa menurun. Dibutuhkan sebuah media pengenalan sekaligus pengantar yang dapat mematahkan persepsi negatif terhadap ilmu industti kimia. Media komik edukasi adalah media yang berpotensi untuk menjadi solusi, karena media ini memiliki sifat sederhana, jelas, mudah dipahami, dan lebih bersifat personal sehingga informatif dan edukatif. Perancangan ini menggunakan beberapa metode riset untuk mengetahui preferensi komik target audience dan materi industri kimia minyak bumi. Penulis mencari rumusan yang tepat dalam menggabungkan media komik dengan materi kimia agar dapat diterima dengan baik oleh pembaca dewasa muda usia 18-22 tahun. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan infografis sebagai metode penyampaian materi dalam komik. Hasil konsep perancangan ini adalah komik edukasi minyak bumi sebagai media pengantar untuk mahasiswa baru teknik kimia yang edukatif, informatif, dan komunikatif. Diharapkan dengan adanya buku komik edukasi ini, mahasiswa dapat memahami ilmu industri kimia dengan lebih mudah dan calon mahasiswa dapat mengenal industri kimia dengan media yang lebih informatif, edukatif, dan menyenangkan.

Keywords


Komik; Edukasi; Industri; Petroleum; Kimia

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.