Desain Sepeda Kampus Yang Menunjang Sistem Bike-Share Generasi Keempat(+) Untuk Kawasan Kampus Universitas Indonesia Dengan Konsep Unisex

Melvina Pangestika Putri, Bambang Tristiyono
Submission Date: 2018-08-02 18:55:27
Accepted Date: 2019-02-25 00:00:00

Abstract


Sejak Juli 2007 kampus Universitas Indonesia telah menjadi pelopor “Bike to Campus” di Indonesia atau yang lebih dikenal dengan program “Sepeda Kuning”. Sepeda kampus UI tersebar di seluruh area kampus dengan sistem peminjaman manual, sehingga harus ada petugas yang berjaga selama sepeda kampus ini beroperasi. Sepeda kampus UI masih menggunakan desain sepeda gunung yang umum dijual di pasaran, sehingga kurang cocok untuk pengguna wanita terutama yang memiliki ukuran tubuh kecil saat mengendarai. Sepeda kampus UI ini belum memiliki karakter desain tersendiri sehingga belum menunjang kebutuhan masyarakat kampus ketika membawa barang-barang. Sepeda kampus UI ini juga masih belum memiliki konsep desain yang sesuai dengan keadaan pengguna di area kampus. Maka dari itu perlu dilakukan riset untuk memperbaiki sepeda kampus UI baik dari segi karakter desain dan konsep desain yang diusung. Dalam penelitian ini, untuk menyelesaikan masalah tersebut maka konsep yang ditawarkan adalah unisex. Karena sepeda kampus ini nantinya akan digunakan oleh wanita maupun pria dari semua kalangan usia sehingga akan cocok digunakan untuk semua gender terutama dari desain frame sepeda. Desain frame sepeda ini sendiri juga diambil dari bentuk daun sebagai salah satu simbol Eco Green. Dengan karakter desain bentuk frame ini diharapkan masyarakat dapat membedakan dengan sepeda kampus lainnya. Adanya proyek sepeda kampus dengan sistem bike share berkonsep unisex ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan peringkat Universitas Indonesia dalam kategori Green Matic.

Keywords


Bike-Share; Gaya Hidup; UI Green Matic

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.