Pengembangan Desain Interior Minibus untuk Shuttle Travel Rute Bandara

Katon Ageng Rezkita, Bambang Tristiyono
Submission Date: 2018-08-02 20:27:24
Accepted Date: 2019-02-25 00:00:00

Abstract


Shuttle travel dengan rute bandara adalah layanan jasa transportasi, baik dari bandara ke berbagai kota maupun sebaliknya yang menggunakan kendaraan jenis minibus. Perkembangan inovasi dalam bisnis shuttle travel mengalami stagnansi dalam pelayanannya, baik servis maupun kualitas interior kendaraan, sedangkan orientasi konsumen perlahan berubah dari yang dulunya harga menjadi kualitas. Mengacu pada target konsumen pra- dan pasca-penerbangan, shuttle travel rute bandara memiliki kebutuhan-kebutuhan spesifik, seperti storage interior yang memadai dan desain interior yang nyaman. Namun, kebutuhan untuk meningkatkan pelayanan ini tidak dapat dipenuhi oleh interior minibus produksi karoseri yang ada. Melihat permasalahan tersebut, konsep comforting dan organized diimplementasikan pada desain interior minibus ini berdasarkan brainstorming idea dan analisis user yang telah dilakukan. Konsep comforting mencakup perlakuan spesifik kepada user dimana interior minibus menawarkan driving experience yang baik dan berbeda. Selain itu, konsep organized mencakup konfigurasi interior secara menyeluruh baik dari kursi penumpang hingga storage dan bagasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain interior minibus yang sesuai dengan kebutuhan spesifik user-nya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah in-depth interview dan tinjauan berbagai literatur. Beberapa studi dan analisis yang berhubungan dengan konfigurasi interior, kenyamanan berkendara, impresi desain interior, hingga penerapan teori jarak dan ruang antar individu dilakukan dalam perancangan interior minibus ini.

Keywords


Shuttle Travel, Driving Quality, Organized

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.