Penyisipan Pesan pada Citra Digital Menggunakan Metode Least Significant Bit

Muhammad Azlansyah, Budi Setiyono
Submission Date: 2018-08-07 13:37:51
Accepted Date: 2019-05-29 00:00:00

Abstract


Berbagai macam teknik untuk melindungi informasi yang dirahasiakan telah banyak dilakukan. Steganografiadalahsalah satuteknik yang digunakan dalam penyembunyian pesan kedalam sebuah mediasedemikiansehinggamanusiasulitmenyadarikeberadaanpesantersebut. Pada tugas akhir ini teknik steganografi yang digunakan metode Least Significant Bit (LSB). Metode Least Significant Bit (LSB) adalah metode menyembunyikan pesan pada bit terakhir citra digital sehingga tidak terjadi perubahan secara kasat mata. Pada metode Least Significant Bit (LSB) dibutuhkan 3 input berupa citra, pesan, dan kunci. Pertama kunci dan pesan dirubah kedalam bentuk ASCII, setelah itu dirubah kedalam bentuk biner. Kemudian diambil channel merah (red) dari citra yang dirubah kedalam bentuk biner. Selanjutnya pesan dan kunci disisipkan pada citra tersebut. Terakhir citra yang telah disisipkan pesan disimpan dengan nama Stego-Image. Untuk uji coba paenulis menggunakan 3 citra dengan karakteristik yang berbeda, yaitu: citra langit yang cenderung homogen, citra wajah yang sedikit komplek, dan citra pemandangan yang lebih komplek. Disamping itu uji coba juga dilakukan pada 4 tipe citra yang berbeda, yaitu bmp, jpeg, png, dan tiff. Hasil yang dicapai pada tugas akhir ini, citra yang disisipkan pesan tidak mengalami perubahan bentuk secara kasat mata, nilai rata-rata PSNR dari keempat tipe citra tersebut untuk penyisipan teks 250 kata adalah sebagai berikut: citra langit 68.22975 dB, citra wajah 72.228575 dB, citra pemandangan 74.322525 dB dan pesan yang disisipkan dapat dikembalikan seperti semula saat proses ekstraksi.

Keywords


Steganografi; Metode Least Significant Bit (LSB); citra digital

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.