Confirmatory Factor Analysis terhadap Niat Konsumen untuk Mengikuti dan Merekomendasikan Akun Instagram: Penerbit Buku Fiksi XYZ

Muhammad Fadel Yulian Maulido, Berto Mulia Wibawa, Puti Sinansari
Submission Date: 2019-07-27 00:22:20
Accepted Date: 2020-02-04 00:00:00

Abstract


Sejak adanya penurunan penjualan buku secara fisik akibat disrupsi internet, menyebabkan banyak penerbit beralih memasarkan bukunya di media sosial. Penerbit menyadari bahwa pola literasi sudah berubah di era digital, tak hanya membaca buku tapi juga secara multimedia. Studi kasus pada penelitian ini yaitu pada penerbit buku fiksi XYZ yang kesulitan untuk menjadi best seller dibandingan beberapa penerbit buku fiksi besar lainnya yang sukses memanfaatkan media sosial. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis niat konsumen untuk mengikuti dan merekomendasikan akun Instagram penerbit XYZ sebagai acuan dasar untuk konten unggahan dengan metode utama yaitu Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa indikator pada variabel kegunaan, kenikmatan, kepuasan, serta niat mengikuti dan merekomendasi dinyatakan valid. Metode penelitian ini dilakukan secara konklusif-deskriptif-multiple cross sectional dengan penyebaran kuesioner online melalui tautan berisi formulir kepada 226 responden yaitu followers penerbit buku fiksi XYZ.

Keywords


Pemasaran media sosial; Penerbit; Perilaku konsumen; Confirmatory Actor Analysis; Buku Fiksi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.