Konsep Future Station dan Branding pada Desain Interior Stasiun Madiun

Vriskha Brahmanisloka, Susy Busi Astuti
Submission Date: 2019-07-29 06:01:28
Accepted Date: 2020-01-17 00:00:00

Abstract


Saat ini, pemerintah Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur transportasi umum untuk mendorong peningkatan dan pemerataan ekonomi nasional di setiap daerah. Selama beberapa tahun terakhir, pengguna transportasi umum setiap tahunnya dinilai mengalami peningkatan, salah satunya pada transportasi kereta api. Oleh karena itu, pemerintah melakukan strategi pembangunan nasional untuk meningkatkan fasilitas sarana dan pra sarana transportasi umum. Pada bidang perkeretaapian pemerintah melalukan 23 proyek pembangunan, salah satunya pengadaan jalur ganda di lintas selatan Jawa dengan trayek Jakarta – Surabaya Gubeng. Stasiun Madiun merupakan salah satu bagian dari perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang berada di Kota Madiun. Stasiun Madiun sebagai satu-satunya stasiun kelas besar di DAOP VII yang melayani keberangkatan dan kedatangan kereta api dari jalur utara, selatan, dan timur di Jawa. Terjadinya pembangunan jalur ganda mengakibatkan bertambahnya jumlah kereta api yang akan melintasi Stasiun Madiun sehingga akan mempengaruhi jumlah penumpang dan pegawai di Stasiun Madiun. Oleh karena itu, dibutuhkannnya pengembangan desain Stasiun Madiun guna memenuhi kebutuhan pengguna mendatang yang selaras dengan aspek lingkungan dan budaya setempat. Penelitian tentang studi “Konsep Future Station dan Brand pada Desain Interior Stasiun Madiun” merupakan sebuah solusi dari permasalahan Stasiun Madiun saat ini. Melalui konsep future stasion dapat meningkatkan aksesibilitas, mobilitas, dan sustainabilitas dengan user oriented dalam Stasiun Madiun. Desain akhir menerapkan branding Kota Madiun dalam stasiun dengan dikombinasikan dengan branding perusahaan KAI sehingga dapat membantu meningkatkan daya tarik masyarakat dalam memakai kereta api dan memberikan identitas stasiun sesuai lokalitas setempat.

Keywords


Stasiun Madiun; Branding; Kota Madiun; Future Station

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.