Pemodelan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Status Balita Stunting di Provinsi Jawa Timur Menggunakan Regresi Probit Biner

Clara Dewanti, Vita Ratnasari, Agnes Tuti Rumiati
Submission Date: 2019-07-29 17:47:07
Accepted Date: 2020-02-03 00:00:00

Abstract


Stunting adalah suatu kondisi dimana pertumbuhan anak tidak maksimal yang disebabkan oleh kekurangan gizi sejak dalam kandungan. Dampak yang ditimbulkan stunting dalam jangka panjang adalah menurunnya kemampuan kognitif dan kecerdasan seseorang sehingga dapat menurunkan kualitas sumber daya manusia. Bank Dunia merilis riset yang menyatakan bahwa stunting merugikan Produk Domestik Negara sebanyak 3-11%. Pada tahun 2018, sebanyak 30,8% balita di Indonesia mengalami stunting. Angka ini berada di atas batas wajar yang ditetapkan WHO yakni 20%. Berdasarkan hasil Riskesdas 2018, Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki prevalensi stunting di atas rata-rata nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik balita stunting di Jawa Timur serta memodelkan faktor-faktor yang memengaruhi stunting pada balita, serta membandingkan hasil klasifikasi data aktual dan hasil pemodelan menggunakan regresi probit biner. Data yang digunakan adalah data sekunder dari Indonesian Family Life Survey 2015 dengan variabel respon berupa status gizi balita stunting yang dibagi dalam dua kategori yaitu balita dengan status gizi pendek dan sangat pendek. Variabel prediktor yang digunakan adalah BBLR, tinggi badan ibu, tingkat pendidikan ibu, pemberian ASI eksklusif, konsumsi pil penambah darah, jumlah anggota rumah tangga, dan status ekonomi rumah tangga. Jumlah data yang terkumpul sebanyak 146 balita dengan komposisi 102 balita pendek dan 44 balita sangat pendek. Variabel yang berpengaruh signifikan dengan nilai alfa sebesar 0,05 adalah tingkat pendidikan ibu dan pemberian ASI tidak eksklusif. Ketepatan klasifikasi yang dihasilkan oleh model sebesar 67,81%.

Keywords


Balita; IFLS; Jawa Timur; Stunting; Regresi Probit Biner

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.