Implementasi Rangka Untuk Sepeda Motor Sport Elektrik Setara 250cc

Nur Alif Fitria Nugraha, Andhika Estiyono, Arie Kurniawan
Submission Date: 2020-02-04 09:10:30
Accepted Date: 2020-09-03 00:00:00

Abstract


Untuk mengurangi emisi dari kendaraan bermotor, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan beralih dari kendaraan dengan mesin bakar ke kendaraan listrik. Jika melihat pada konsumsi energi per kilometernya, sepeda motor listrik memiliki efisiensi yang tinggi sehingga akan cocok jika dipakai sebagai solusi. Meskipun kendaraan umum bisa menjadi solusi masalah ini, namun memiliki kendaraan pribadi dapat memberi dampak psikososial yang positif dengan cara membanggakan kendarannya baik dari performa, maupun tingkat personalisasi kendaraannya. Pada pasar sepeda motor bermesin bakar di Indonesia, prestise seringkali dikaitkan dengan ukuran volume dari mesin. Dari semua kendaraan yang dipasarkan di Indonesia, kapasitas 250cc merupakan ukuran mesin terbesar yang tersedia secara merata. Sehingga untuk membuat sepeda motor listrik memiliki nilai positif pada kondisi psikososial pemiliknya, maka sepeda listrik setidaknya harus dapat bersaing pada segi performanya dengan sepeda motor kelas 250cc. Untuk itu diperlukan rangka yang aman untuk menahan tenaga yang setara dengan sepeda motor 250cc serta dapat menunjang kebutuhan personalisasi pengendaranya.

Keywords


psikososial; performa; 250cc; rangka; personalisasi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.